Cara Perbaiki Hubungan Pascaputus

   •    Kamis, 11 Jun 2015 18:19 WIB
romansa
Cara Perbaiki Hubungan Pascaputus
Perbaiki hubungan pascaputus. (Foto:imgbuddy.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Putus menjadi ancaman yang tentu saja sangat ditakuti oleh setiap pasangan dalam menjalin hubungan. Pasalnya, jika hubugan telah rusak hingga berujung perpisahan, pasti akan sangat sulit untuk memperbaiki hubungan dan mengembalikan rasa cinta atau sayang satu sama lain.

Namun, memperbaiki kembali hubungan pascaputus sebenarnya bukanlah hal yang mustahil. Tentu saja, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan.

Memahami alasan di balik putus

Dalam mengatasi masalah apa pun, memahami alasan adalah hal yang paling penting, terutama jika ini dilakukan bersama-sama. Anda perlu mengetahui penyebab mengapa Anda putus sehingga hubugan Anda kemungkinan bisa diperbaiki. Cari tahu dan pahami di mana titik yang salah sehingga membuat hubungan Anda hancur. Mencari tahu unsur yang mengarah ke perpisahan akan membantu untuk mengubahnya dan mengembalikan hubungan Anda.

Memaafkan

Setelah Anda mengetahui alasan di balik putus, kini saatnya Anda saling memaafkan satu sama lain. Hubungan Anda tidak akan mungkin membaik jika Anda berdua masih menyimpan dendam atau masih berpegang pada kesalahan yang dilakukan pasangan hingga menyebabkan perpisahan. Sebaliknya, pahami mengapa pasangan Anda melakukan kesalahan itu dan memaafkannya. Memaafkan akan berguna bagi Anda untuk hubungan yang akan datang, atau siapa tahu setelah Anda memaafkannya, Anda bisa kembali memperbaiki hubungan Anda.

Komitmen baru

Setelah memahami dan memaafkan membawa kembali hubungan Anda, kini saatnya Anda membuat komitmen baru dan biarkan pasangan Anda tahu resolusi dan keputusan baru Anda. Setelah Anda berkomitmen untuk menjadi baik dengan pasangan Anda dan juga untuk menghindari perpecahan, maka patuhilah komitmen yang baru Anda buat. Anda mungkin tidak bisa mengubah masa lalu, tetapi sangat mugkin untuk masa depan hubungan Anda. Jadi sadari kesalahan di masa lalu dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya di masa depan.

Ubah diri Anda

Setelah perpisahan, mengubah diri menjadi lebih baik tentu sangat diperlukan. Mengubah diri sendiri adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah dan memperbaharui hubungan. Anda mungkin tidak bisa mengubah pasangan Anda, untuk itu ubahlah diri Anda lebih dulu. Mengubah diri tidak berarti Anda patuh pada pasangan, tapi ini adalah cara terbaik untuk membuat hubungan jauh lebih memuaskan.

Komunikasi

Komunikasi umumnya sangat efektif dalam menyelesaikan masalah dalam hubungan. Dengan komunikasi, segala kesalahpahaman atau masalah yang menyebabkan perpisahan dapat diketahui. Komunikasi juga akan membantu Anda menyampaikan fakta atau kebenaran. Bicaralah dengan terbuka dan usahakan jangan menolak argumen atau saling menuduh atas semua kesalahan. Biarkan komunikasi mengalir dengan tenang namun agak kritis. (Ningtriasih/Prokerala)


(LOV)