Penurunan Ekonomi tak Pengaruhi Minat Investor Tanamkan Modal

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 11 Jun 2015 18:54 WIB
pertumbuhan ekonomi
Penurunan Ekonomi tak Pengaruhi Minat Investor Tanamkan Modal
Ilustrasi -- FOTO: MI/Atet Dwi Permana

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi perekonomian Indonesia yang sedang tak menentu, tidak membuat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pesimistis akan turunnya minat investor yang akan menanamkan investasi mereka di Indonesia.

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis mengatakan, perekonomian yang sedang menurun mungkin bisa menurunkan minat investor tapi sejauh ini hanya investasi di pasar modal yang terpengaruh gejolak perekonomian.

"Tentunya pasti akan ada tapi yang BKPM bisa tegaskan di antaranya investasi yang ada di pasar modal. Kalau yang investasi di pasar modal itu hari inflasi tinggi atau apa itu langsung mereka jual sahamnya," ujarnya saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (11/6/2015).

Dirinya menambahkan, investasi di pasar modal memang dipengaruhi oleh stabilitas ekonomi yang mempengaruhi pergerakan harga saham. Sementara investasi di sektor pembangunan merupakan investasi jangka panjang.

"Kalau investor yang mau membangun pabrik kan buat masa depan, bukan sekarang. Kalau sekarang yang di pasar modal, hari ini turun mereka jual (sahamnya). Nah kalau besok naik lagi mereka langsung cari lagi itu," jelas dia.

Dirinya meyakini, para investor yang sudah dalam proses pembangunan pabrik akan terus melanjutkan proyek mereka. "Kalau mereka sudah bangun pabrik harus dibangun terus. Ini kan yang mereka lihat bukan masalah ini (penurunan ekonomi) tapi mereka bangun untuk yang tiga tahun lagi. Kalau ekonomi naik turun biasa saja," pungkasnya.

BKPM bahkan tetap optimistis jika target invetasi tahun ini sebesar Rp519,5 triliun akan tercapai, sebab sampai dengan triwulan I ini saja realisasi investasi yang telah dicapai sebesar Rp124 triliun.


(AHL)