Konflik di Sabah, TNI Jaga Ketat Perbatasan RI-Malaysia

- 04 Maret 2013 14:52 wib
MI/Palce Amalo/bb
MI/Palce Amalo/bb

Metrotvnews.com, Nunukan: Pasukan TNI AD dari Batalion 407 Padmakusuma yang bertugas menjaga perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, memperketat penjagaan wilayah itu menyusul konflik di Sabah, Malaysia.

Konflik terjadi terkait masuknya kelompok bersenjata dari Kesultanan Sulu, Filipina Selatan, ke wilayah tersebut. Bentrokan antara Polisi Diraja Malaysia dan kelompok bersenjata itu menewaskan enam polisi dan enam anggota kelompok bersenjata.

"Karena Sabah berbatasan langsung dengan Nunukan, maka kami selaku yang dipercaya menjaga pos-pos perbatasan tetap siaga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Komandan Satgas Pamtas Batalion 407 Padmakusuma Mayor Inf Ari Aryanto di Nunukan, Senin (4/3).

Menurutnya, dari 29 pos perbatasan yang berada dalam penjagaannya, terdapat 23 pos yang letaknya berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia. Tetapi seluruh anggota TNI yang bertugas di pos-pos tersebut telah diperintahkan untuk senantiasa tetap siaga agar pihak-pihak yang berusaha menyusup masuk ke Indonesia dapat dicegah lebih dini.

"Saya sudah perintahkan kepada anggota yang berjaga di pos-pos yang berbatasan antara Nunukan dengan Sabah agar memperketat penjagaan keluar masuknya seseorang," ujar Ari.

Ia mengakui konflik Sabah ini tidak tertutup kemungkinan bisa melebar kemana-mana hingga memasuki wilayah Indonesia melalui Kabupaten Nunukan. Ari juga mengatakan konflik yang terjadi di Sabah terus dipantau melalui pemberitaan di media massa dalam rangka melakukan siaga di wilayah perbatasan. (Ant/Pbu)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…