Palimanan Berpotensi Alami Kemacetan Saat Arus Mudik

Ilham wibowo    •    Jumat, 12 Jun 2015 06:33 WIB
mudik lebaran 2015
Palimanan Berpotensi Alami Kemacetan Saat Arus Mudik
Seorang pekerja menyelesaikan pengerjaan gerbang tol di Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Senin (25/5). Foto:Antara/Dedez Anggara.

Metrotvnews.com, Palimanan: Pembukaan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) diperkirakan dapat mengurai kemacetan hingga 40 persen. Kemacetan diperkirakan justru akan bergeser ke Palimanan.

Palimanan berpotensi terjadi kemacetan saat arus mudik selepas gerbang Tol Palimanan yang merupakan gerbang tol terakhir dari rangkaian Tol Cipali. Kendaraan yang akan keluar dari gerbang Tol Palimanan ini akan menghadapi penyempitan jalur.

Gerbang Tol Palimanan telah menyiapkan sepuluh pintu gerbang yang akan dioprasikan meyambut kedatangan para pemudik dari arah Jakarta menuju timur pulau jawa. Namun, jika nantinya hanya lima yang dioprasikan maka arus akan menyempit menjadi dua lajur kendaraan.

Kendaraan yang keluar dari Tol Cipali ini akan berpapasan dengan kendaraan yang datang dari jalur non tol atau jalur utama pantai utara (Pantura). Kemungkinan kendaraan berasal dari berbagai kawasan di daerah Subang, Pamanukan dan Indramayu. Diperkirakan mereka lebih memilih untuk menggunakan jalur utama Pantura dibandingkan degan menggunakan jalur Tol Cipali.

Kemacetan akan terjadi selepas gerbang Tol Cipali dan terus megular panjang hingga ke jalur utama Pantura. Kemacetan juga akan ditambah dengan beberapa pasar tumpah yang sering memakan bahu jalan selama arus mudik atau menjelang Lebaran nanti.

Kendaraan yang akan melalui jalur tol lintas jawa akan masuk Tol Cipali kemudian langsung menuju Tol Palimanan-Kanci dan berakhir di Tol Kanci-Pejagan atau di Berebes. Kendaraan akan menyebar menuju ke sejumlah darah di Jawa Tengah maupun Jawa Timur.


(DRI)