Bangkitkan Ekonomi, Pertumbuhan Investasi Minimal 7-8%

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 12 Jun 2015 08:36 WIB
pertumbuhan ekonomi
Bangkitkan Ekonomi, Pertumbuhan Investasi Minimal 7-8%
Ilustrasi -- FOTO: MI/Atet Dwi Permana

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menyatakan saat ini pemerintah berupaya memperbaiki struktur investasi, sebab pemerintah ingin melakukan reformasi struktural perekonomian Indonesia.

Selama ini, kata Bambang, pertumbuhan investasi di Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) dinilai sangat kecil. Menurutnya, pertumbuhan investasi yang bagus untuk memacu ekonomi yakni jika bisa mencapai angka tujuh sampai delapan persen.

"Kalau investasi hanya tumbuh lima sampai enam persen itu kurang," kata Bambang, di Jakarta, Kamis, 11 Juni 2015.

Dirinya lantas mencontohkan, negara Tiongkok dengan keberhasilan mencapai pertumbuhan dua digit lantaran investasi yang tumbuh baik. Investasi tersebut menjadi kunci ekonomi Tiongkok mendunia.

"Jadi, pesannya adalah kita ingin dorong pertumbuhan investasi. Jadi, clear kenapa kita dorong insentif tahun ini, karena kita ingin dorong pertumbuhan investasi. Kita ingin investasi itu bisa tumbuh tujuh sampai delapan persen," jelasnya.

Adapun pertumbuhan investasi hingga delapan persen tahun ini tidak hanya didorong dari swasta, melainkan juga belanja infrastruktur pemerintah. Belanja infrastruktur pemerintah, kata Bambang, bisa didanai dari APBN, ataupun melalui skema Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS).

"Di sisi swastanya, kita dorong lewat insentif dan di BKPM  dengan PTSP serta pengurangan perizinan investasi. Jadi, tujuan kita adalah memperbesar porsi investasi dalam PDB dengan mempercepat pertumbuhan investasi," tutur dia.

Lebih lanjut, selain investasi, Bambang memastikan pemerintah juga akan mendorong konsumsi yang pada kuartal terakhir hanya menorehkan pertumbuhan 5,01 persen, atau mengalami perlambatan. Sedangkan, ekspor masih belum bisa diharapkan mengingat rendahnya harga komoditas di pasar global.


(AHL)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

22 minutes Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA