motor baru

Honda RC213V-S Akhirnya Resmi Dipasarkan, Harga Tembus Rp2 Milliar

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 12 Jun 2015 08:44 WIB
honda motor
Honda RC213V-S Akhirnya Resmi Dipasarkan, Harga Tembus Rp2 Milliar
Honda resmi menjual RC213V-S dengan harga lebih dari Rp2 milliar. MCN

Metrotvnews.com: Akhirnya Honda membuka selubung hyperbike dengan harga sangat tinggi mereka yakni Honda RC213V-S. Sebuah sepeda motor dengan spesifikasi jalanan yang merupakan jelmaan dari tunggangan juara dunia MotoGP, Honda RC213V.

Dilansir MCN, motor ini diluncurkan setelah rumor pertama kali berkembang sejak 10 tahun silam, mengenai proyek hyperbike Honda ini. Dalam jangka waktu tersebut, Honda sempat akan menyematkan mesin V5 pada MotoGP yang kemudian diputuskan pakai mesin V4.

Honda mengatakan motor ini sudah bisa dipesan secara online mulai 13 Juli mendatang. Penasaran dengan harganya? Akan ada diangka 184.000 Dollar Amerika atau sekitar Rp2,3 Milliar. Wah, dua kali lipat lebih mahal dari Kawasaki Ninja H2R.

Harga itu untuk pasaran Amerika, maka untuk wilayah Eropa dikisaran Rp188.000 Euro (Rp2,7 Milliar), Jepang sendiri 21.9 juta Yen (Rp2,3 Milliar) dan di Australia dipatok 244 ribu Dollar Australia (Rp2,4 Milliar).

Hyperbike ini dirakit dipabrik Honda di Kumamoto, Jepang secara manual alias handmade. Oleh karena itu, kapasitas produknya pun sangat terbatas, hanya satu unit setiap harinya. Dikabarkan Honda akan membatasi produksi RC213V-S sebanyak 200 unit saja.

Pada kontrol elektroniknya, RC213V-S dilengkapi lima mode berkendara, traction control, engine brake control, quickshifter dan inertial measurement unit (IMU). Bobot toal motor ini mencapai 157 kilogram.

Sayangnya tenaga yang dihasilkan tak segahar banderol harganya, ekspektasi publik yang mengatakan lebih dari 210 daya kuda ternyata jauh dari harapan. Muntahan tenaganya 'hanya' mencapai 157 daya kuda, dengan torsi 102 Nm. Bahkan kalah besar jika dibanding superbike 1.000 cc sekalipun.
 


(UDA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

14 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA