Thailand Terapkan Siaga Penuh Hadapi Ancaman MERS

Fajar Nugraha    •    Jumat, 12 Jun 2015 09:34 WIB
mers
Thailand Terapkan Siaga Penuh Hadapi Ancaman MERS
Pasien terinfeksi MERS di Korea Selatan (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Pemerintah Thailand menerapkan siaga merah terkait dengan wabah Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Waspada ini diterapkan meskipun belum ada kasus MERS dilaporkan.
 
"Siaga merah diterapkan menyusul ancaman MERS, yang telah menimbulkan dampak serius di Korea Selatan (Korsel)," ujar pihak Kementerian Kesehatan Thailand, seperti dikutip The Nation, Jumat (12/6/2015).
 
"Belum ada kasus MERS dilaporkan di Thailand, namun memasukkan virus ini dalam daftar penyakit sangat diperlukan untuk mengendalikan dan mengambil langkah penanggulangan yang cepat," lanjut pernyataan itu.
 
Pemerintah Indonesia sendiri terus memantau perkembangan yang terjadi di Korsel. Peringatan pun sudah dikeluarkan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Negeri Gingseng.
 
"Terkait MERS, kita terus memantau dengan seksama baik yang dilakukan KBRI di Seoul dan kementerian kesehatan di sini terkait kejadian di Korsel," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir, saat memberikan keterangan pers di Kemenlu RI, Kamis (11/6/2015).
 
"Kementerian kesehatan memantau dan akan ditentukan seberapa jauh tindakan kita itu, setelah mendapatkan masukan dari kementerian kesehatan," lanjutnya.
 
Hingga saat ini korban tewas akibat MERS di Korsel mencapai sembilan orang. Sementara kasus warga yang terinfeksi dikabarkan sudah mencapai total 122 jiwa.
 
Pasien pertama terinfeksi MERS di Korsel terdiagnosis pada 20 Mei setelah dirinya pulang dari Arab Saudi. Pria 68 tahun itu menularkan virus ke sejumlah pasien dan pekerja saat mengunjungi empat fasilitas medis. 
 
Sejak saat itu, sekitar 3.500 orang yang diduga terinfeksi virus dikarantina dan diawasi ketat. 
 
Pemerintah Korsel diserang berbagai kritik tajam karena dinilai kurang sigap dalam menangani wabah MERS terbesar di luar Arab Saudi. 



(FJR)

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

7 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memberikan jawaban atas gugatan praperadilan Setya Nov…

BERITA LAINNYA