Pembangunan PLTS Rooftop Utamakan di Kota Besar

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 12 Jun 2015 12:55 WIB
plts
Pembangunan PLTS Rooftop Utamakan di Kota Besar
Ilustrasi PLTS. FOTO ANTARA/Joko Sulistyo

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang menyiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) melalui PLTS Rooftop di kota-kota besar.

Direktur Aneka Energi Baru Terbaharukan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konervasi Energi Kementerian ESDM Maritje Hutapea mengatakan daerah perkotaan memiliki potensi dalam pembangunan PLTS Rooftop.

"Kami ingin kembangkan PLTS Rooftop atau atap bangunan di perkotaan. Lahan perkotaan sangat mahal sekali, harganya semakin luar biasa. Agar ekonomi kita manfaatkan atap bangunan apakah itu rumah dan bangunan termasuk gedung pemerintah," kata Maritje saat media gathering di Kantor Kementerian EBTKE, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Beberapa yang tempat yang sudah menjadi ancang-ancang dalam pembangunan PLTS Rooftop, Maritje menyebutkan, di antaranya Istana Presiden, Istana Bogor, kantor Menko Perekonomian, dan Gedung Pemda. Selain itu juga Bandar Udara di Indonesia Timur.

"Mereka sangat welcome untuk PLTS Rooftop. Tambolaka, Maumere, Labuan Bajo dan satu lagi di Pulau Sumba. Kapasitas bervariasi dari satu bandara ke bandara lain," ungkap dia.

Adapun untuk pembangunan PLTS Rooftop, Maritje mengatakan sudah masuk tahap pelelangan. Hitung-hitungan mengenai fit in tarif juga sudah disiapkan agar menarik investor.

"Agar investor tertarik, kita atur dan susun tarif untuk Rooftop. Akhir Juli sudah dikeluarkan sehingga siapapun yang berinvestasi jelas apakah bisa bermanfaat secara ekonomi," pungkas dia.


(AHL)