Kekayaan Calon Kepala BIN Sutiyoso Rp 23 Miliar

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 12 Jun 2015 13:28 WIB
bin
Kekayaan Calon Kepala BIN Sutiyoso Rp 23 Miliar
Calon Kepala BIN Sutiyoso. Foto: ANT/Andika Wahyu.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo telah menyodorkan calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara ke DPR. Calon tersebut adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Letjen TNI Purnawirawan Sutiyoso.

Jika mulus di DPR, Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia itu akan menggantikan posisi Kepala BIN saat ini: Marciano Norman. Sebagai pejabat negara, Sutiyoso harus melaporkan harta dan kekayaannya. 

Sutiyoso tercatat terakhir kali menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, yaitu pada 1 Maret 2008. Berdasarkan data yang tercatat laman acch.kpk.go.id, Sutiyoso memiliki harta senilai Rp23,05 miliar. 

Harta tersebut terdiri dari barang bergerak dan tak bergerak, yakni tanah, bangunan, kendaraan, peternakan, logam mulia, dan tabungan giro.

Untuk harta bergerak, pria yang dipanggil Bang Yos ini memiliki tiga buah motor Harley Davidson dengan total nilai Rp500 juta. Ada pula satu unit mobil Alphard dan satu unit Willys. Total harta bergerak sebesar Rp1,405 miliar.

Untuk harta tak bergerak, Bang Yos memiliki tanah dan rumah di bilangan Jakarta Pusat, Bekasi, Bogor, dan Depok. Tanah dan bangunan ini ditaksir memiliki nilai Rp12,45 miliar.

Tak hanya itu, mantan Wakil Komandan Jenderal Kopassus ini memiliki 47 ekor sapi perah, 182 ekor ayam, 14 ekor kambing, serta 2.134 ekor ikan dan belut. 

Gubernur DKI Jakarta dua periode ini pun mengoleksi berbagai logam mulia dan barang antik. Jika diuangkan, total harta untuk ternak dan koleksi logam mulia serta barang antiknya mencapai Rp622 juta. Tabungan giro sebesar Rp9,312 miliar.


(DOR)