PDAM Surabaya Utang Air Baku Rp12,8 Miliar

Amaluddin    •    Jumat, 12 Jun 2015 14:13 WIB
air bersih
PDAM Surabaya Utang Air Baku Rp12,8 Miliar
Ilustrasi air bersih, Ant

Metrotvnews.com, Surabaya: Perusahaan Daerah Air Minum (PADM) Surabaya, Jawa Timur, memiliki utang air baku sebesar Rp12,8 miliar. PDAM tak menunggak membayar utang itu selama empat bulan kepada Perum Jasa Tirta I.

"Mereka harus bayar. Karena sudah muncul legal opinion dari kejaksaan yang dikeluarkan minggu ini," kata Legal Corporate Perum Jasa Tirta I, Achmad Yunus, Jumat (12/6/2015).

Setiap bulan, katanya, PDAM Surabaya berutang sebesar Rp3,2 miliar. Jasa Tirta pun melobi segenap pihak agar PDAM melunasi utang tersebut.

Sebelumnya, PDAM Surabaya tertib membayar air baku. Namun, PDAM jadi kesulitan membayarnya setelah pembatalan Undang Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air (SDA).

Padahal, lanjut Yunus, Permenpupera Nomer 06/PRT/M/2015 tentang eksploitasi dan pemeliharaan sumber air dan bangunan perairan menjelaskan sumber dana pembiayaan operasi dan pemeliharaan prasarana SDA berasal dari hasil penerimaan iuran eksploitasi dan pemeliharaan bangunan air.

Selain itu, Permenpupera Ayat 7 menjelaskan biaya jasa pengelolaan SDA merupakan biaya yang dipungut dari pengguna, dan diperkuat dengan keluarnya Permenpupera No  18/PRT/M/2015 tentang Iuran Eksploitasi dan pemeliharaan Bangunan Pengairan. Pemerintah pun dapat memberikan penugasan kepada BUMN/BUMD untuk mengelola SDA, termasuk BUMN/BUMD bisa memungut, menerima, dan menggunakan biaya jasa pengelolaan SDA dari pengguna jasa pengelolaan air.

Ia berharap persoalan itu selesai dengan jalur mediasi yang difasilitasi oleh Kejati Jatim. Pasalnya, Perums Jasa Tirta I dan PDAM adalah perusahaan milik negara.

"Perum Jasa Tirta I dan PDAM ini kan sama-sama perusahaan negara. Jadi sayang kalau sampai ramai apalagi pakai media massa," ujarnya.


(RRN)

Sidang Perdana Praperadilan Fredrich Yunadi Digelar 12 Februari

Sidang Perdana Praperadilan Fredrich Yunadi Digelar 12 Februari

55 minutes Ago

Pengadilan Jakarta Selatan sudah menetapkan jadwal sidang perdana praperadilan mantan kuasa huk…

BERITA LAINNYA