Bangun PLTN 5 Ribu MW Tunggu Restu Jokowi

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 12 Jun 2015 14:46 WIB
nuklir
Bangun PLTN 5 Ribu MW Tunggu Restu Jokowi
Ilustrasi pembangkit listrik. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) berkapasitas 5.000 megawatt (mw) tinggal menunggu restu dari Presiden Joko Widodo.

Direktur Aneka Energi Baru Terbaharukan, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian ESDM, Maritje Hutapea mengatakan, Ditjen (EBTKE) sudah menyelesaikan buku putih pembangunan PLTN ini. Buku putih tersebut sudah ditandatangani Menteri ESDM Sudirman Said, tinggal menunggu lampu hijau dari Presiden Joko Widodo.

"Nuklir semua tahu, kami sudah menyusun buku putih (PLTN) 5.000 mw. Kita menunggu kepatuhan dari Presiden, go or not go, begitu Presiden go, nuklir kami sudah siap," kata Maritje, di Kantor Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, Jalan Cikini Raya Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Lebih lanjut, ia menambahkan, pelelangan pembangunan PLTN ini akan dilakukan tahun ini. Selain pemerintah daerah, dia mengaku saat ini ada beberapa investor yang mulai berminat.

"Sekarang ini kalau pemerintahan dari Kalimantan, Bangka, terutama Pulau Jawa banyak minta. Investor banyak, ada Korea, Rusia, saya sebulan saja di aneka energi investor sudah ada tiga," ujar dia.

Sementara itu, meskipun mendapat respons positif, Maritje mengungkapkan tidak mau terburu-buru dalam mengembangkan energi nuklir.

"Kita tidak mau gegabah yang dikhawatirkan masyarakat masalah safety kami harus bertanggung jawab," pungkasnya.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA