Rumor: Galaxy Note 5 Gunakan Port USB Type-C

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 12 Jun 2015 15:33 WIB
samsung
Rumor: Galaxy Note 5 Gunakan Port USB Type-C
Tampilan dari USB Type-C. (Ars Technica)

Metrotvnews.com: Saat Apple pertama kali memperkenalkan USB Type-C pada MacBook mereka, banyak orang yang protes. Tidak lama setelah itu, tampaknya banyak perusahaan teknologi yang setuju bahwa USB Type-C akan menjadi standar baru untuk port yang akan digunakan baik pada laptop maupun smartphone.

Sekarang muncul rumor yang mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note 5 akan menggunakan port USB 3.1 Type-C. Ini berarti ponsel tersebut dapat melakukan transfer data dengan kecepatan 10Gbps, 2 kali lipat dari kecepatan yang ditawarkan oleh port USB 3.0, standar yang ada sekarang ini. Port Type-C memiliki bentuk yang simetris, sehingga Anda tidak perlu lagi bingung mana arah yang benar untuk mencolokkan kabel.

Kelebihan lain yang ada pada port USB Type-C adalah kabel yang menggunakan Type-C dapat mengalirkan listrik dengan tegangan hingga 20V dan arus listrik 5A, yang berarti ia dapat digunakan untuk mengisi baterai dengan lebih cepat.

Meskipun begitu, saat ini, hal ini tidak lebih dari sekedar rumor. Galaxy Note 5 sendiri katanya akan diluncurkan pada acara IFA yang akan diadakan di bulan September nanti. (Ubergizmo)


(ABE)