Potensi Angin Besar, Ditjen EBTKE Bidik Bangun PLTA

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 12 Jun 2015 15:37 WIB
pembangkit listrik
Potensi Angin Besar, Ditjen EBTKE Bidik Bangun PLTA
Ilustrasi pembangkit listrik. FOTO: MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Aneka Energi Baru Terbaharukan, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian ESDM, Maritje Hutapea sedang memetakan wilayah yang memiliki potensi untuk dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTA).

Maritje mengungkapkan, sebagai negara yang memiliki letak geografis yang bagus seperti Tanah Air ini memiliki banyak tempat yang memang berpotensi untuk bisa dibangun PLTA.

"Kemudian untuk angin kita juga ketahui angin potensi cukup besar. Wind mapping sudah kami kerjakan dan didukung beberapa sponsor," kata Maritje, di Kantor EBTKE, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Maritje menjelaskan, wind mapping dilakukan untuk mengetahui wilayah dan berapa besaran potensi angin yang memungkinkan untuk dibangunnya PLTA. "Kami melakukan analisa detail ke beberapa lokasi," tuturnya.

Ia juga mengungkapkan, pemerintah sangat komitmen untuk mengembangkan PLTA ini dengan merancang fit in tarif supaya banyak investor yang berminat berinvestasi.

"Jadi ini juga sangat komit untuk kembangkan ini. Dalam rangka meningkatkan investor kami susun tarif untuk angin. Akhir Juli bisa selesai," pungkas dia.


(AHL)