Ini Arahan JK Soal Pembangunan Perkeretaapian di Kalimantan

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 12 Jun 2015 17:49 WIB
kereta api
Ini Arahan JK Soal Pembangunan Perkeretaapian di Kalimantan
Menhub Ignasius Jonan -- FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden RI Jusuf Kalla siang tadi memberikan arahannya dalam rapat pembahasan progres pembangunan perkeretaapian di daerah Kalimantan. Setidaknya ada tiga arahan dan keputusan dari rapat ini.

Pertama, mengenai program pembangunan kereta api umum yang diinisiasi oleh pihak swasta di Kalimantan Tengah sudah dimulai proses pembangunannya yakni seperti tahap feasibility study (studi kelayakan). Hanya saja untuk proses groundbreaking atau peletakan batu pertama masih menunggu surat kelayakan pembangunan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Tinggal ada beberapa permohonan surat dari pemerintah, yakni dari Kemenkeu kalau dapat didukung pembangunan kereta api ini di Kalimantan Tengah dapat segera berjalan," terang Menteri Perhubungan Ignasius Jonan seusai rapat di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2015).

Kedua, terkait pembangunan kereta api di provinsi lainnya, seperti Kalimantan Timur yang juga diinisiasi pihak swasta, masih terganjal dengan usulan akan dilakukan secara tunggal oleh pihak swasta ataupun berupa konsorsium beberapa perusahaan swasta.

Terakhir mengenai pembangunan kereta api untuk lintas umum harus bisa menciptakan konektevitas antardaerah di Kalimantan.

"Di Kalimantan diputuskan Wapres nanti konektivitasnya harus bisa disambung baik dari pihak swasta maupun pemerintah dalam lintas umum," jelas Jonan.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA