Cara Sembuhkan Mata Merah Akibat Alergi

   •    Jumat, 12 Jun 2015 17:59 WIB
kesehatan
Cara Sembuhkan Mata Merah Akibat Alergi
Mata merah bisa diatasi dengan tetes mata. (Foto:fashinends.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menderita alergi tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan. Karena, alergi yang umumnya menyerang kulit Anda sehingga menyebabkan rasa gatal yang luar biasa, itu juga bisa menyerang mata Anda sehingga mata menjadi merah dan gatal.

Ketika menghadapi masalah ini, setiap orang pasti akan melakukan segala cara demi menyembuhkan mata merah akibat alergi. Apa yang harus dilakukan? Berikut beberapa tips yang dapat menyembuhkan mata merah akibat karena alergi.

- Hindari sesuatu yang membuat Anda alergi
Ini adalah hal paling penting dan paling utama yang harus anda lakukan ketika hendak menyembuhkan alergi Anda. Hindari apa pun yang sekiranya bisa memicu alergi pada mata Anda. Cobalah untuk tidak keluar rumah pada musim panas dan selalu cuci mata Anda.

- Kompres dingin
Kompres dingin cukup efektif ketika Anda menderita mata merah akibat alergi. cara ini dapat membantu menurunkan pembengkakan serta menenangkan iritasi pada mata ketika alergi menyerang Anda. Cukup basahi kain bersih dengan air dingin, lipat kecil dan biarkan di mata Anda selama 15-20 menit.

- Gunakan antihistamin
Obat alergi sangat efektif dalam mengobati gejala alergi, termasuk mata merah. Obat alergi yang disebut antihistamin akan mencegah gejala alergi. Tanyakan pada dokter atau apoteker tentang antihistamin yang tepat untuk Anda.

- Obat tetes mata
Obat tetes mata juga cukup efektif untuk membantu menyembuhkan mata merah karena alergi. Obat tetes mata tidak hanya membantu menyembuhkan mata merah, tetapi juga mengobati gatal dan iritasi pada mata. 

- Pakai kacamata hitam saat di luar ruangan
Kacamata hitam bisa membantu Anda selama Anda menderita alergi. Ini tidak hanya menyembunyikan mata merah Anda, tetapi juga mencegah debu masuk de dalam mata. Pastikan Anda membersihkan kacamata Anda secara teratur untuk membersihkan debu yang menempel pada kacamata Anda.

- Konsumsi vitamin C dan omega-3
Makan makanan yang kaya akan vitamin C dan omega-3 juga sanagt baik dalam membantu Anda melawan alergi. Makanan ini memiliki sifat antihistamin dan juga bekerja untuk mengurangi peradangan. Vitamin C bisa Anda dapatkan melalui buah-buahan dan sayuran seperti brokoli, jeruk, tomat, stroberi dan kiwi. Sementara omega-3 biasanya terdapat pada ikan dan kacang-kacangan seperti salmon, minyak canola dan kenari.

- Kunjungi dokter
Jika Anda kurang yakin dengan pengobatan yang dilakukan sendiri, kunjungi dokter dan minta resep pengobatan dari mereka. Biasanya, dokter akan meresepkan obat alergi melalui pil, tetes mata atau bahkan suntikan alergi. (Ningtriasih/Allwomenstalk)


(LOV)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

3 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA