Anggota Komisi III: Anggaran Polri Naik Rp5 T, Jangan Ada Lagi Pembiaran Laporan

Surya Perkasa    •    Jumat, 12 Jun 2015 18:35 WIB
polri
Anggota Komisi III: Anggaran Polri Naik Rp5 T, Jangan Ada Lagi Pembiaran Laporan
Masinton Pasaribu. Foto: M Irfan/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggaran Polri tahun depan meningkat hingga Rp5 triliun. Dari semula Rp57 menjadi Rp62 triliun. Kenaikan cukup signifikan itu harus diiringi peningkatan kinerja, terutama pelayanan kepada masyarakat dan penegakan hukum.  

"Pelayanan masyarakat dan perlindungan hukum harus ditingkatkan. Jadi enggak boleh lagi ada alasan enggak punya anggaran," kata anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu ketika dihubungi, Jumat (12/6/2015).

Kebutuhan polisi di bidang fasilitas, sumber daya manusia, dan kualitas pendidikan semakin menuju ke titik ideal dengan adanya peningkatan anggaran. Peningkatan anggaran hingga Rp5 triliun ini juga harusnya diprioritaskan untuk menunjang peningkatan kinerja.

"Jadi jangan ada lagi pengaduan masyarakat tidak dilanjutkan atau program Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) tidak jalan karena alasan tidak ada anggaran," tegas dia.

"Profesionalitas itu bicara kemampuan Polri untuk menjalankan tupoksinya (tugas pokok dan fungsi) dengan kenaikan anggaran," lanjut politikus PDI Perjuangan ini.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengungkapkan alokasi anggaran Polri tahun depan naik signifikan dibanding tahun ini. Kenaikannya mencapai Rp5 triliun.

"Pagu indikatifnya Rp62 triliun dari sebelumnya Rp57 triliun," kata Badrodin di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 12 Juni 2015.

Kapolri menegaskan, dengan peningkatan anggaran itu kinerja Polri diminta tidak stagnan. Banyak hal yang mesti dilakukan, terutama penegakan hukum dan reformasi Polri.


(KRI)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

2 days Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA