KPK Cegah Istri Kedua Djoko Susilo

- 05 Maret 2013 19:13 wib
MI/Panca Syurkani/fz
MI/Panca Syurkani/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengeluarkan surat pencegahan untuk berpergian keluar negeri atas nama Mahdiana.

Mahdiana diduga merupakan istri kedua dari tersangka Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Djoko Susilo.

Melalui Juru Bicara KPK, Johan Budi saat menggelar konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/3) mengatakan jika Mahdiana akan dicegah berpergian keluar negeri selama enam bulan kedepan. Surat pencegahan atas nama Mahdiana sendiri sudah dikirimkan ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham.

"Pada tanggal 4 Maret 2013 KPK telah mengeluarkan surat permintaan cegah atas nama Mahdiana untuk enam bulan kedepan," ujar Johan Budi ketika dikonfirmasi.

Sementara itu, Johan menjelaskan jika Mahdiana diduga merupakan seorang wanita yang berprofesi sebagai wiraswasta terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang yang menjerat Irjen Polisi Djoko Susilo. Namun, Johan enggan membenarkan jika Mahdianan merupakan istri dari jenderal bintang dua itu.

"Seorang wiraswasta dan berkaitan dengan kasus dugaan TPPU DS," sambungnya.

Lebih lanjut, Johan menambahkan jika yang bersangkutan sudah pernah menjalani pemeriksaan sebagai saksi oleh tim penyidik KPK. Sementara itu, ketika ditanya lebih dalam mengenai peran Mahdiana, Johan enggan menjelaskannya kepada media.

"Mahdiana adalah saksi, perempuan, pernah diperiksa sebagai saksi untuk DS," tutupnya.

Diketahui dalam kasus ini KPK secara total sudah melakukan pencegahan berpergian keluar negeri sebanyak 9 orang. Mereka diantaranya adalah Anton Ramli Lam, Indrajaya Februhadi, Edi Budi Susanti, Dipta Aninditya, Joko Waskito, Erick Maliangkay (notaris), Mudjihardjo (pensiunan Polri), Wahyudi, serta Mulyadi.

Dari sembilan nama tersebut terdapat nama Dipta yang juga diduga merupakan istri ketiga dari Djoko Susilo yang pernah menjadi Putri Solo 2008. Dipta diduga mengetahui penyamaran harta yang dilakukan suaminya dalam korupsi simulator SIM. Dipta juga beberapa kali menjalani pemeriksaan di KPK. (Fario Untung)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…