Wujudkan Nawacita, Menteri PPN Fokuskan Kerja di Pembangunan Desa

Patricia Vicka    •    Jumat, 12 Jun 2015 19:43 WIB
Wujudkan Nawacita, Menteri PPN Fokuskan Kerja di Pembangunan Desa
Menteri PPN Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Ant/ Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas bangsa Indonesia melalui program Nawacita. Untuk mulai menjalankannya, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) memfokuskan kerja pada pembangunan desa.

"Konsen utama adalah memulai pelaksanaan program Nawacita di desa.  Prioritas desa karena banyak sumber daya di desa yang belum dikembangkan," kata Menteri PPN Andrino Chaniago dalam seminar  Pengukur Pencapaian Nawacita di Wisma Kagama UGM Yogyakarta, Jumat (12/6/2015).

Pembangunan desa bertujuan meningkatkan pengelolaan di bidang pertanian dan pangan yang merupakan satu dari lima bidang utama program rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Pertanian adalah kebutuhan strategis, Indonesia penduduknya besar. Tiap tahun selalu bertambah. tapi lahan pertanian  malah menyusut 2 ribu Hektare per tahun. Maka kita harus nyatakan pengelolaan sektor pangan wajib menjadi prioritas," tegas Andrinof.

Ia menilai, perlu ada instrument untuk mengukur sejauh mana pelaksanaan Nawacita dijalankan.

"Yang dicita-citakan Nawacita adalah pembangunan berkualitas untuk meningkatkan hidup manusia secara merata. Bukan pembangunan sama rata sama rasa/ideologis populis.  Mau memulai untuk memantau implementasi Nawacita. Lalu mau ada instrumen untuk mengukur Nawacita itu," tutupnya.
 
(RRN)