Generasi Muda Tentukan Wajah RI ke-100 Tahun

Al Abrar    •    Jumat, 12 Jun 2015 20:14 WIB
mpr ads
Generasi Muda Tentukan Wajah RI ke-100 Tahun

Metrotvnews.com, Jakarta: Tanpa rasa kekeluargaan yang kuat, mustahil para pendiri bangsa bisa menyatukan ratusan suku yang berbeda bahasa dan agama dalam Indonesia. Semangat dan rasa kekeluargaan yang harus terus ditingkatkan demi keutuhan NKRI.   

Demikian disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam diskusi Center for Election and Politic Party FISIP UI, di Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, Jumat (12/6/2015). Acara diikuti seratusan dosen dan mahasiswa Ilmu Politik dari 45 perguruan tinggi.

"Indonesia itu intinya adalah kekeluargaan, musyawarah mufakat, dan gotong royong," ujar Zul.

Semangat tersebut yang kemudian diujudkan dalam Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai komitmen terus bersatu. Komitmen bersatu sebagai negara merdeka ini membuktikan bahwa para pemuda pada masa itu adalah orang-orang yang visioner.

Dinamika politik nasional akhirnya membawa demokrasi bebas ke Indonesia. Setelah diterapkan sejak 1998, perlu ada kajian dan telaah terhadap pengalaman penerapan demokrasi. Seperti apakah yang sesuai dengan karakter bangsa Indonesia.

Menjadi tugas pemuda masa kini untuk melakukannya. Sebab di saat Indonesia memasuki usianya ke 100 tahun, para pemuda masa kini yang menentukan seperti apakah negaranya pada saat itu.

"Kampus yang paling tepat membahas masalah demokrasi kita. Sebab sistem one man one vote menimbulkan dampak yang terkadang tak sesuai dengan harapan kita. Maka acara ini sangat penting," ujar Zul.

 


(LHE)

Sidang Perdana Praperadilan Fredrich Yunadi Digelar 12 Februari

Sidang Perdana Praperadilan Fredrich Yunadi Digelar 12 Februari

58 minutes Ago

Pengadilan Jakarta Selatan sudah menetapkan jadwal sidang perdana praperadilan mantan kuasa huk…

BERITA LAINNYA