Efek Sanksi FIFA

Klarifikasi AFC Soal Kasus Persipura

Alfa Mandalika    •    Jumat, 12 Jun 2015 20:16 WIB
afc cup 2015
Klarifikasi AFC Soal Kasus Persipura

Mertrotvnews.com, Kuala Lumpur: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), baru-baru ini, menyambangi federasi sepak bola Asia (AFC) untuk membicarakan gagalnya pertandingan AFC Cup antara Persipura kontra klub Malaysia Pahang FA pada 26 Mei lalu. 

Pada pertemuan tersebut, AFC menjelaskan kekalahan WO yang diterima tim Mutiara Hitam, murni lantaran regulasi AFC.

Selain Gatot Dewa S Broto (Deputi Kemenpora), Indonesia juga diwakili Yan Parmenas Mandenas (anggota DPRD Papua), Kamasan Yacob Komboy (anggota DPRD Papua), dan Tri Gustono (Kepala Pensosbud KBRI di Kuala Lumpur).

Mereka bertemu pihak AFC yang dipimpin Dato' Windsor John (Deputi Sekjen AFC), Sanjeevan Balasinggam (Direktur Bidang Asosiasi dan Pengembangan Anggota AFC), dan Benoit Pasquier (Direktur Legal AFC).

Dalam rilis yang diterima Metrotvnews, AFC menjelaskan bahwa tidak ada maksud untuk menjatuhkan keputusan kemenangan WO pada Pahang FC secara tidak adil. Menurutnya, keputusan tersebut diambil oleh ExCo AFC dan semata-mata berdasarkan regulasi AFC dan bukan karena adanya kejadian kegiatan keolahragaan PSSI yang sedang dibekukan Kemenpora. 

Lebih lanjut dikatakan AFC, bahwa seluruh federasi anggota AFC dan klub yang bertanding di kompetisi AFC seharusnya sudah mengetahui regulasi yang ada dan konsekuensinya. Selain itu, jadwal pertandingan yang sudah tersusun lama tidak boleh menjadi alasan bagi PSSI dan Persipura untuk tidak mempersiapkan diri seandainya ada klubnya menjadi tuan rumah pertandingan. 

Kemenpora juga menyebut AFC merasa sedih Persipura terkena masalah saat jelang laga dengan Pahang FC, karena AFC sangat mengenal reputasi kualitas dan prestasi Persipura.


(RIZ)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA