Pesawat Presiden RI Dikawal Pesawat Tempur Jerman

- 06 Maret 2013 18:58 wib
ANTARA/Widodo S. Jusuf/ip
ANTARA/Widodo S. Jusuf/ip

Metrotvnews.com, Berlin: Pesawat Kepresiden yang berangkat dari Bandara Tegel Berlin, Jerman, tepat pukul 09.00 waktu setempat, bertolak menuju Bandara Ferenc Liszt Budapest, Hongaria. Di tengah perjalanan, Pesawat kepresidenan dikawal pesawat tempur milik Jerman hingga perbatasan negara Polandia.

Seperti dilaporkan wartawan Media Indonesia Akhmad Mustain dari Berlin, pesawat milik Angkatan Udara Jerman tersebut berjenis Eurofighter, dengan nomor lambung 30-45. Pesawat tempur Jerman tersebut mulai melakukan pengawalan, sejak lima belas menit pesawat kepresidenan tinggal landas dari Bandara Tegel. Nampak dua pesawat melakukan pengawalan di kanan-kiri pesawat Garuda Indonesia A 333-300.

Setelah terbang 1 jam 24 menit dari Berlin, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono tiba di Budapest, ibu kota Hungaria. Pesawat khusus kepresidenan A330-300 milik Garuda itu mendarat di Bandara Ferenc Liszt, Rabu (6/3) pukul 11.00 waktu setempat atau 17.00 WIB. Dubes Indonesia Maruli Tua Sagala menyambut Presiden di pintu pesawat.

Di kaki tangga pesawat, Presiden SBY disambut Wakil PM Hungaria Zsolt Semjén. Kunjungan ke Budapest ini atas undangan Presiden Republik Hungaria János Áder.

Presiden SBY dan Presiden János Áder akan langsung melakukan pertemuan bilateral di Istana Sandor, pukul 15.00 waktu Budapest. Pertemuan membahas upaya peningkatan hubungan bilateral di berbagai bidang, utamanya ekonomi. Kedua kepala negara juga akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU kerja sama pelatihan diplomatik antarkementerian luar negeri kedua negara.

Kamis (7/3), Presiden SBY diagendakan bertemu PM Viktor Orbán di Gedung Parlemen Hungaria, Országház. Di Hungaria, perdana menteri berkantor bersama parlemen di gedung yang sama. Setengah jam melakukan pembicaraan dengan PM Orbán, Presiden bersiap untuk meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan.

Pada pukul 14.00 waktu setempat, SBY dijadwalkan menerima kunjungan kehormatan CEO perusahaan energi terbarukan Hungaria. Presiden dan Ibu Ani beserta delegasi akan meninggalkan Hungaria untuk kembali ke Tanah Air pada Jumat (8/3) pukul 09.00 waktu Budapest.(Vic)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…