Uber Investasikan USD1 Miliar untuk Tiongkok

Mohammad Mamduh    •    Minggu, 14 Jun 2015 10:14 WIB
uber
Uber Investasikan USD1 Miliar untuk Tiongkok
Logo layanan aplikasi Uber

Metrotvnews.com: Layanan taksi pribadi Uber mengumumkan bahwa mereka akan menggelontorkan dana senilai USD1 miliar untuk perluasan pasar mereka di Tiongkok. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Travis Kalanick melalui surat kepada para investor. Dana investasi tersebut akan digunakan untuk mengoperasikan layanan Uber untuk Tiongkok dengan target mencapai 50 kota.

Seperti yang kami kutip dari Cnet, langkah ini tergolong cukup berani mengingat Uber sempat menjadi layanan yang kontroversial di negara Tirai Bambu itu. Kantor operasional mereka di Chongqing sempat digeledah aparat keamanan setempat. Namun, pada kenyataannya masyarakat Tiongkok menyukai layanan ini, yang terbukti dengan operasional mereka di Chengdu yang terbilang sukses.



Berdasarkan grafik di atas, masyarakat Tiongkok sangat menyukai layanan ini. Dikatakan bahwa penggunaan layanan Uber di kota Chengdu dalam enam bulan pertama mencapai 46 kali lebih tinggi jika dibandingkan kota New York di waktu yang sama. Dana investasi yang ditanamkan akan membuat Uber beroperasi di lebih banyak kota.

Di sisi lain, belum diketahui apakah langkah ini akan diapresiasi oleh pemerintah Tiongkok. Sejauh ini Uber telah beroperasi di lebih dari 300 kota di seluruh dunia, 11 diantaranya berlokasi di Tiongkok.
 


(ABE)