Sepeninggalan Chavez. Presiden Obama Dukung Rakyat Venezuela

   •    Kamis, 07 Mar 2013 05:34 WIB
Sepeninggalan Chavez. Presiden Obama Dukung Rakyat Venezuela
Reuters/Jorge Dan Lopez/vg

Metrotvnews,com, New York: Presiden AS Barack Obama menegaskan kembali dukungannya terhadap rakyat Venezuela.

Presiden Barack Obama menyatakan pada masa kritis setelah wafatnya Presiden Chavez, Amerika Serikat menegaskan kembali dukungannya terhadap rakyat Venezuela.

"Sekarang Venezuela membuka bab baru dalam sejarahnya,"  jelas Obama.

Seperti diketahui, Presiden Venezuela Hugo Chavez diumumkan wafat pada usia 58 tahun, Rabu (6/3). Pengumuman mangkatnya pemimpin revolusi Bolivaria itu disampaikan Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro lewat stasiun televisi nasional.

Selain dari dalam negeri, reaksi atas wafatnya Chavez pun datang dari dunia internasional, terutama dari aliansi Amerika Latin dan seteru ideologinya, Amerika Serikat (AS).

Presiden Bolivia--yang merupakan sekutu Chavez--Evo Morales menyatakan inspirasi pria berjuluk El Commandante itu lebih hidup dari sebelumnya. Negara-negara Amerika Latin berduka karena Chavez merupakan sosok pemimpin bagi blok mereka melawan hegemoni AS.

Sedangkan Menteri Luar Negeri Venezuela Elias Jaua menyatakan jabatan yang ditinggal Chavez akan diisi sementara Maduro. Selain itu, lanjut Jaua, sebelum meninggal Chavez telah menunjuk Maduro sebagai penggantinya menjadi kandidat untuk berjuang dalam pemilihan umum (pemilu) berikutnya.

Selain itu komunitas Venezuela di Florida, AS menyambut gembira atas kabar wafatnya Chavez. Mereka bersorak sorai di jalan sambil mengibar-kibarkan bendera Venezuela. (Dika Dania Kardi/Agt)