Jazz Gunung Bawa Berkah untuk Pedagang

Agustinus Shindu Alpito    •    Minggu, 14 Jun 2015 11:32 WIB
jazz gunung
Jazz Gunung Bawa Berkah untuk Pedagang
Jazz Gunung 2015 (Foto:MI/Dzulkifli Putra M)

Metrotvnews.com, Probolinggo: Festival musik tahunan Jazz Gunung 2015 membawa berkah tersendiri bagi para pedagang dan penyedia jasa yang tersebar di sekitar tempat acara diselenggarakan.

Mulai dari pedagang makanan, penjual topi, syal dan sarung tangan penghangat merasakan dampak langsung dari acara yang digelar pada 12 dan 13 Juni, di Java Banana, Bromo, Jawa Timur.

"Menguntungkan. Omzet saya Rp2 juta sehari. Biasanya Rp500 ribu enggak sampai," kata Rudi, pemilik warung bakso di dekat lokasi Jazz Gunung.

Rudi yang sudah berjualan bakso di tempat itu selama sembilan bulan, menjual satu porsi dagangan Rp15 ribu.

Anak-anak penjaja pakaian penghangat badan yang berkeliaran di sekitar lokasi pun merasakan hal serupa.

"Dalam semalam dapat Rp500 ribu. Kalau hari biasa paling Rp200 ribu," kata Andra, salah satu pedagang syal, topi, dan sarung tangan, yang masih duduk di kelas 6 SD.

Tidak adanya harga resmi membuat para pedagang leluasa mempermainkan harga sesuai kesepakatan dengan pembeli.

Andra, misalnya. Dia buka harga sebuah syal Rp40 ribu. Tetapi, dia tidak menolak ketika calon pembeli menawar Rp30 ribu.

Hal serupa juga dialami penyedia jasa akomodasi. Penginapan di sekitar lokasi acara cukup penuh, sehingga para wisatawan harus berjuang mencari rumah penduduk yang bersedia menyewakan kamar.

Dari pengamatan Metrotvnews.com, penyedia jasa transportasi menuju lokasi gardu pandang untuk menikmati matahari terbit juga laris manis.

Lebih dari 30 mobil mengular di sepanjang jalan, mengantar para wisatawan yang rela merogoh kocek Rp600 ribu demi menggapai gardu pandang dan beberapa titik dengan pemandangan indah.


(ROS)