Kapolda: Pilkada Sumut Aman dan Lancar

- 07 Maret 2013 17:18 wib
ANTARA/Irsan Mulyadi/
ANTARA/Irsan Mulyadi/

Metrotvnews.com, Medan: Kapolda Sumatra Utara Irjen Wisjnu Amat Sastro menegaskan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatra Utara berjalan aman dan lancar.

"Tidak ada yang kasus menonjol dan dapat menghalangi kesuksesan pilkada," kata Kapolda didampingi Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk F Paulus di Kantor KPU Sumut di Medan, Kamis (7/3).

Menurut Kapolda, pihaknya telah melakukan pemantauan di 33 kabupaten/kota di Sumut dengan memanfaatkan personel di 26 polres yang ada di provinsi itu.

Selain itu, ia dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk F Paulus juga meninjau langsung sejumlah lokasi yang menjadi tempat berkumpul warga guna menyalurkan hak pilihnya.

Kapolda memberikan apresiasi kepada masyarakat Sumut yang mampu menjalani proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Ternyata masyarakat Sumut sudah sangat cerdas," katanya. Meski telah berjalan dengan aman dan lancar, pihaknya tetap melakukan penjagaan dan pengamanan hingga proses pelantikan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih.

"Kami akan berjaga terus selama 119 hari dengan mengerahkan 16.789 personel, termasuk 2.000 prajurit TNI. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa," katanya.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk F Paulus juga mengaku bangga dengan pelaksanaan Pilkada Sumut yang berjalan aman dan tertib tersebut. "Laporan dari babinsa dan koramil, semuanya berjalan aman dan lancar," katanya.(Ant/Vic)

()

POLITIK
HUKUM
INTERNASIONAL
DAERAH

Mata Najwa: Dibalik Pilar Konstitusi

28 Agustus 2014 18:08 wib

Mata Najwa: Mahkamah Konstitusi menjadi lembaga yang paling menyita perhatian masyarakat, dalam rangkaian tahap pemilihan Presiden 2014 ini. Hari demi hari para hakim penegak konstitusi menggelar sidang marathon demi melayani gugatan sengketa hasil pemilihan presiden. Kubu yang mengajukan gugatan berusaha membuktikan bahwa penyelenggaraan pilpres oleh KPU diwarnai kecurangan. Di layar televisi terpampang rangkaian sidang yang seolah tiada henti. Ketua MK dan jajaran hakim konstitusi menjadi tumpuan harapan publik yang menanti putusan final pemenang pilpres. Saat itulah sosok Ketua MK, Hamdan Zoelva, mulai menarik perhatian. Ketenangan dalam memimpin dan mengatur persidangan menjadi buah bibir di masyarakat. Dan sesuai jadwal, MK berhasil mengambil keputusan bulat tentang gugatan yang diajukan. Saksikan perbincangan eksklusif bersama Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva, di Gedung Mahkamah Konstitusi, hanya di Mata Najwa,  Kamis 28 Agustus 2014 pukul 20:05 WIB di Metro TV.