Tunggu Data BPS, Neraca Perdagangan Mei Diprediksi Surplus

Suci Sedya Utami    •    Senin, 15 Jun 2015 08:43 WIB
neraca perdagangan indonesia
Tunggu Data BPS, Neraca Perdagangan Mei Diprediksi Surplus
Ilustrasi. FOTO: REUTERS/Leonhard Foeger

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) Senin (15/6/2015) ini bakal mengumumkan nilai neraca perdagangan RI Mei 2015. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memprediksi neraca dagang masih akan mencatatkan surplus.

"Necara perdagangan perkiraannya masih surplus," kata Bambang di Jakarta, Minggu, 14 Juni 2015.

Meski demikian, Bambang masih enggan memberikan perkiraan apakah surplus perdagangan akan lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya atau malah menurun.

"Ya pokoknya surpluslah. Surplusnya mengecil atau membesar, itu saya belum dapat update-nya," tutur dia.

Bambang mengatakan, surplus kali ini lebih didorong karena penurunan impor. Meski memang diakui pembangunan infrastruktur yang sedang dipacu menambah impor, namun dengan catatan yang bertambah yakni volumenya, sedangkan nilainya bisa jadi menyusut dikarenakan harga barang seperti baja sedang turun.

"Impor turun itu enggak selamanya suatu kelesuan ekonomi. Ada juga impor itu karena misalnya impor migas turun. Karena harga, karena volume. Jadi itu harus dilihat juga aspek dari aspek kita memperbaiki trade balance," jelasnya.

Sekadar informasi, neraca perdagangan RI pada April 2015 mencetak surplus USD454,4 juta, terdiri dari ekspor sebesar USD13,08 miliar dan impor sebesar USD12,63. Secara kumulatif Januari-April 2015, neraca perdagangan RI mengalami surplus perdagangan sebesar USD2,77 miliar, terdiri dari total ekspor sebesar USD52,14 dan impor senilai USD49,36 miliar.


(AHL)