Merasa Tak Punya Tujuan Hidup? Lakukan Ini

   •    Senin, 15 Jun 2015 10:10 WIB
romansa
Merasa Tak Punya Tujuan Hidup? Lakukan Ini
Evaluasi hidup agar mengurangi rasa tidak memiliki tujuan hidup (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hidup memang tak selamanya berjalan mulus. Bahkan, ada kalanya seseorang merasa tidak memiliki tujuan dalam hidup yang pada akhirnya bisa memicu stres, kecemasan, dan suasana hati buruk.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika Anda merasa tidak memiliki tujuan hidup.

1. Cari alasan untuk bangkit dari kasur
Berdiam diri di ranjang setiap hari akan membuat hidup Anda seperti tidak memiliki tujuan. Carilah sesuatu yang bisa membuat hidup lebih bermakna.  Setidaknya, Anda memiliki seseorang, aktivitas, atau pekerjaan yang akan membuat Anda menjadi orang yang lebih bahagia.

2. Evaluasi hidup
Jika Anda merasa hidup Anda seperti tidak menemukan jalan dan tidak memiliki tujuan, solusi terbaik yaitu mengevaluasi kembali hidup Anda agar berada di jalur yang benar. Evaluasi semua yang Anda anggap melenceng, baik karier maupun hal-hal lain dan ambil langkah untuk melakukan perubahan.

3. Ikuti minat
Mengikuti minat atau passion Anda sangatlah penting untuk membuat hidup Anda memiliki tujuan. Meski banyak orang memilih pekerjaan tertentu dengan alasan gaji besar, usahakan memilih karier atau apapun yang Anda sukai sehingga Anda akan merasakan kepuasan tersendiri.

4. Membantu orang lain
Salah satu alasan mengapa Anda merasa hidup Anda seperti tidak punya tujuan adalah mungkin karena terlalu egois. Anda akan menemukan tujuan hidup jika Anda menggunakan energi untuk membantu orang lain. Selalu luangkan waktu untuk membantu orang yang membutuhkan.

5. Mengembangkan hubungan
Mengembangkan hubungan atau dekat dengan orang lain akan membuat hidup Anda memiliki tujuan. Meski Anda memiliki kesibukan yang menguras waktu, cobalah untuk selalu memperkuat hubungan dan mengembangkan hubungan baru. Hal ini berguna untuk mengurangi perasaan kesepian dan membantu Anda merasa lebih baik tentang hidup.

6. Ingat kebaikan dalam hidup Anda
Jika Anda merasa hidup tidak memiliki tujuan, luangkan waktu untuk merenungkan kebaikan-kebaikan yang telah Anda lakukan. Dengan cara ini, Anda akan menyadari bahwa hidup Anda memiliki tujuan lebih dari yang Anda pikirkan.

7. Bicara dan minta dukungan dari teman
Ketika seseorang sedang terpuruk, mereka umumnya akan sulit melakukan apapun sehingga merasa tidak memiliki tujuan hidup. Di situasi ini, Anda perlu dukungan dari teman atau keluarga. Bicarakan apa yang Anda rasakan dan minta pendapat mereka. Hal ini akan membantu menyadarkan bahwa hidup Anda memiliki makna dan tujuan. (Ningtriasih/Allwomenstalk)


(ROS)

KPK Periksa Ketua Komisi II DPR

KPK Periksa Ketua Komisi II DPR

40 minutes Ago

Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap diperiksa terkait kasus korupsi KTP elektronik.
 

BERITA LAINNYA