Desy Ratnasari Tekankan Pentingnya UU tentang Parenting

Anindya Legia Putri    •    Senin, 15 Jun 2015 10:32 WIB
desy ratnasari
Desy Ratnasari Tekankan Pentingnya UU tentang Parenting
Desy Ratnasari (Foto:MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus pembunuhan bocah delapan tahun, Angeline, di Bali, membuat Desy Ratnasari geram. Dia berharap undang-undang menekankan peraturan tentang perawatan dan pengasuhan anak.

"Sebagai legislator, saya sedih melihat peristiwa ini. Perlunya dicermati dan dianalisa kembali peraturan perundang-undangan tentang perlindungan anak agar dapat disempurnakan," ucap Desy, saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (15/6/2015).

Mengenai pengasuhan dan perlindungan anak tercantum dalam Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014, tentang perubahan Undang-Undang nomor 23 tahun 2002, namun dalam UU tersebut belum terdapat poin spesifik yang mengatur tentang parenting (Ilmu tentang mengasuh, membimbing, dan mendidik anak dengan baik dan benar).

Desy menekankan pentingnya undang-undang yang mengatur tentang parenting agar tidak terjadi lagi kasus seperti Angeline di Tanah Air.

"Yang efektif tentunya semua kegiatan seperti penyuluhan sampai tingkat RT/RW, kegiatan yang menciptakan kebersamaan orangtua dan anak, program lingkungan ramah anak, dan lain-lain. Semua itu dilakukan secara bersamaan dan berkelanjutan. Serta dilakukan pengawasan dan evaluasi dalam pelaksanaannya," jelas pelantun Tenda Biru.

Apapun bentuk kegiatannya, tujuan dari terciptanya kegiatan tersebut ialah tercapainya kesadaran dari masyarakat bahwa anak-anak memiliki hak hidup aman dan terlindungi.
(ROS)