Imbauan Kepala BIN untuk Sutiyoso

Surya Perkasa    •    Senin, 15 Jun 2015 11:42 WIB
bin
Imbauan Kepala BIN untuk Sutiyoso
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sutiyoso diminta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan peralatan khusus yang dimiliki Badan Intelijen Negara (BIN). Sebab, Indonesia akan menghadapi ancaman kelompok radikal dunia.
 
Kepala BIN MarcIano Norman mengatakan, Sutiyoso memiliki beberapa pekerjaan rumah saat menjabat sebagai kepala BIN. Salah satunya penguatan BIN diberbagai bidang.
 
"Penguatan kualitas SDM dan peningkatan alat peralatan khusus yang dimiliki BIN. Kita harus mampu berkoordinasi dan kolaborasi dengan mitra counter part, baik BIN di dalam atau di dunia dalam menghadapi ancaman global," kata Marciano di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (15/6/2015).
 
Ia mengungkapkan, salah satu ancaman dunia global yang sedang dihadapi adalah perkembangan kelompok radikal. Sutiyoso harus memiliki program komprehensif dalam menghadapi dan menangkal ancaman kelompok itu.
 
"Di Indonesia ada kelompok radikal. Kami diharapkan dapat menekan dan tidak ada link-up dengan negara lain yang dapat menimbulkan instabilitas," kata Marciano.
 
Menurut Norman, Sutiyoso sosok yang tepat untuk menggantikan dirinya. Ia yakin, dengan pengalaman yang dimiliki, Ketua Umum PKPI itu dapat menjalankan tugasnya dengan baik.
 
Sebab, Purnawirawan Letnan Jenderal TNI itu pernah menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus dan lama di satuan Sandi Yudha (satuan intelejen Koppasus).
 
"Saya rasa Sutiyoso sosok yang tepat untuk bawa BIN mengatasi tantangan dinamis dan membantu memberikan dukungan seoptimal mungkin pada pemerintah," ujarnya.
 


(FZN)