Alasan Akses UMKM terhadap Lembaga Pembiayaan tak Ideal

Eko Nordiansyah    •    Senin, 15 Jun 2015 11:57 WIB
umkm
Alasan Akses UMKM terhadap Lembaga Pembiayaan tak Ideal
UMKM (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Choirul Djamhari menyatakan, terdapat tiga tantangan besar yang menjadi alasan mengapa akses pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap lembaga pembiayaan tidak ideal.

"Mengapa UKM aksesnya tak ideal? Terdapat tiga tantangan besar. Pertama, financial inclusion. Kedua, financial literacy. Ketiga, financial deepening," ujarnya, dalam diskusi 'Menelisik Keengganan UMKM Bankable dalam Mengakses Dana Perbankan', di IPMI International Business School, Jalan Rawajati Timur I, Jakarta Selatan, Senin (15/6/2015).

Dirinya menambahkan, indeks daripada financial inclusion yang ada saat ini dinilai masih sangat rendah. "Financial inclusion (memiliki) indeks rendah belum seperti yang kita inginkan," lanjut dia.

Ia menjelaskan, masih minimnya financial literacy bagi para pelaku UMKM dikarenakan istilah yang ada di perbankan biasanya sulit dipahami. Selain itu, financial deepening juga masih perlu diperluas dan diperdalam.

Untuk itu, dirinya berpendapat, perlu skema yang tepat untuk menjembatani gap yang ada di antara pelaku UMKM dengan penyedia kredit pembiayaan, selain juga diperlukan sosialisasi kepada para pelaku UMKM.


(ABD)