Tips Atasi Masalah Jet Lag

   •    Senin, 15 Jun 2015 12:00 WIB
kesehatan
Tips Atasi Masalah <i>Jet Lag</i>
Foto: dailymail.co.uk

Metrotvnews.com: Jet lag merupakan gangguan sementara akibat bepergian dengan pesawat dalam waktu yang lama atau melintasi zona waktu yang berbeda dengan cepat, yang menyebabkan kelelahan, insomnia, atau gejala lainnya.

Gejala lain jet lag meliputi kecemasan, sembelit, diare, kebingungan, dehidrasi, sakit kepala, lekas marah, mual, berkeringat, masalah keseimbangan, dan bahkan kehilangan memori.

Mabuk pascaterbang ini bisa merusak perjalanan liburan Anda. Kemungkinan besar Anda akan membatalkan beberapa rencana yang sudah disusun secara matang. Jangan anggap jet lag hal yang sederhana. Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara ampuh berikut ini:

1. Mengubah pola makan
Anda harus mengetahui berapa lama perkiraan waktu penerbangan yang akan Anda ambil. Pastikan Anda mulai makan satu jam sebelum masuk ke dalam pesawat.

Walaupun Anda tidak terbiasa untuk makan di luar jam makan, Anda harus mengabaikannya agar saat pesawat lepas landas, Anda merasa nyaman dan perut Anda tidak kosong sehingga menyebabkan mual.

2. Minum vitamin
Saat di pesawat, usahakan untuk meminum suplemen vitamin C.  Apabila Anda tidak meminumnya, Anda bisa makan beberapa jeruk dan buah kiwi. Hal ini, akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini juga merupakan bekal yang cukup untuk melawan bakteri atau virus yang akan menyerang Anda ketika stamina menurun.

3. Tetap terhidrasi
Hindari minuman beralkhohol atau minuman yang berkafein selama penerbangan. Minuman semacam itu bisa membuat Anda dehidrasi dan  mengacaukan metabolisme tubuh yang bisa menyebabkan jet lag.

4. Membawa camilan
Saat perut Anda belum kemasukan makanan apapun, bukanlah ide yang buruk untuk membawa beberapa makanan ringan. Anda bisa membawa camilan seperti kacang-kacangan, buah kering, atau salad ayam untuk menemani Anda selama penerbangan.

5. Minum kopi
Setelah sampai tempat tujuan, Anda bisa langsung meminum kopi. Karena minuman itu bisa meringankan gejala jet lag atau meringankan rasa lelah dan penat.

6. Tidur
Tidur merupakan pilihan yang paling baik untuk mengatasi jet lag. Setelah sampai, usahakan Anda segera tidur. Selain membantu merilekskan tubuh, tidur juga dapat memulihkan kesegaran tubuh.

7. Mandi
Selain tidur, Anda juga bisa mandi terlebih dahulu. Air dingin yang membasahi tubuh Anda dapat membantu mengurangi gejala-gejala jet lag, manfaat lainnya Anda akan terlihat lebih segar.

8. Mulai liburan
Jangan buang hari pertama liburan Anda dengan hanya bermalas-malasan di kamar hotel karena masalah jet lag. Anda harus mencoba untuk langsung pergi berjalan-jalan. Terpaan sinar matahari, udara yang segar, dan pemandangan yang indah akan membuat Anda bersemangat untuk menikmati liburan Anda.


(AWP)