Praperadilan Dicabut, Kubu BW Minta MA Atur Hukum Acara Praperadilan

Meilikhah    •    Senin, 15 Jun 2015 13:55 WIB
bambang widjojanto tersangka
Praperadilan Dicabut, Kubu BW Minta MA Atur Hukum Acara Praperadilan
Pengacara Bambang Widjojanto, Abdul Fickar Hajar. Foto: Bary Fathahilah/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua nonaktif KPK Bambang Widjojanto resmi mencabut gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pencabutan itu bertepatan dengan digelarnya sidang perdana praperadilan atas penetapan tersangka oleh penyidik Bareskrim, hari ini.

Kuasa Hukum Bambang Abdul Fickar Hajar menilai, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tak punya standar soal menerima atau menolak gugatan praperadilan. Alasan itulah yang membuat kubu BW mencabut gugatan.

Atas hal tersebut, Fickar meminta Mahkamah Agung menerbitkan aturan hukum acara praperadilan sebagai standar pertimbangan hakim dalam mengadili gugatan yang diajukan.

"Mendesak MA untuk mengatur hukum acara praperadilan agar para hakim di bawah tidak semaunya sendiri dalam mengekspresikan kemandiriannya," jelas Abdul Fickar, kepada Metrotvnews.com, Rabu (15/6/2015).

Di samping itu, Fickar juga meminta, Kejaksaan Agung untuk menghentikan peradilan BW yang tengah diproses. "Mendesak Jaksa Agung untuk menghentikan proses peradilan terhadap BW," jelasnya.


(KRI)