Makan 5.000 Kalori per Hari, Wanita Ini Malah Kurus

   •    Senin, 15 Jun 2015 14:04 WIB
diabetes
Makan 5.000 Kalori per Hari, Wanita Ini Malah Kurus
Foto: Kate Miller / dailymail.co.uk

Metrotvnews.com: Diabetes bisa dibilang salah satu penyakit yang paling sering dijumpai. Penyakit diabetes tipe 1 biasanya dapat berkembang pada usia berapa pun, tetapi kemungkinan munculnya sebelum usia 40 tahun, khususnya pada masa kecil.

Kate Miller, telah didiagnosis menderita penyakit diabetes tipe 1. Sebelumnya, Kate memaparkan bahwa setiap harinya ia mengkonsumsi lima ribu kalori (biasanya wanita hanya membutuhkan dua ribu kalori). Dan anehnya, bukannya naik, berat badannya malah turun.

Makanan kaya gula seperti cokelat dan permen sudah menjadi makanan sehari-harinya Kate. Anehnya lagi, wanita berusia 22 tahun ini mengaku merasa terus menerus haus dan telah meminum sekitar enam liter air setiap harinya. Hal ini menyebabkan ia terus-menerus pergi ke toilet. Keluarga dan kerabatnya mulai khawatir jika Kate menderita bulimia.

Gejala yang menimpa Kate, telah ditunjukkan sejak tahun 2010 saat ia berusia 18 tahun, "Mereka pikir saya sedang sakit dan bertanya apakah aku bulimia. Saya frustrasi karena saya tidak tahu apa yang salah. Saya sangat bingung," ujarnya yang dilansir Daily Mail.

Februari 2011, Kate memutuskan untuk melakukan pemeriksaan serius atas gejala yang dialaminya. Dokter menyatakan bahwa kadar gulanya sangat tinggi, bahkan delapan kali lebih tinggi dari kisaran normal.

"Saya tentu sangat terkejut. Selain itu, di rumah sakit juga saya mendengar bahwa pankreas saya telah berhenti bekerja," tuturnya.

Ini berarti pankreas Kate tidak lagi memproduksi insulin, yang mengatur kadar gula darah dalam darah. Inilah sebabnya mengapa penyakit ini kadang-kadang disebut insulin-dependent diabetes.

Akibat dari penyakit diabetes tipe 1 ini, jumlah glukosa dalam darah terlalu tinggi, dari waktu ke waktu, dan dapat merusak organ tubuh.

Berat badan turun yang menimpa kasus Kate merupakan efek dari insulinnya yang tidak bekerja mengubah gula menjadi energi. Akibatnya, ia akan lebih mudah merasa lelah dan tubuhnya mulai berhenti menerima lemak dan otot untuk dirinya sendiri.

Kate Miller tidak serta merta patah semangat, ia bahkan mencari tahu makanan apa saja yang bisa mengelola kondisinya agar tubuhnya tetap mendapat nutrisi.

"Saya sekarang memiliki rutin check-up dan injeksi insulin setelah saya makan karbohidrat atau apapun dengan banyak gula di dalamnya," ungkap Kate yang saat ini telah menjalani hidup dengan normal kembali. (Sumarni / dailymail.co.uk)


(AWP)