Malaysia Langgar Perairan Ambalat, JK: Kita Selesaikan Baik-Baik

Dheri Agriesta    •    Senin, 15 Jun 2015 14:42 WIB
indonesia-malaysia
Malaysia Langgar Perairan Ambalat, JK: Kita Selesaikan Baik-Baik
Angkatan Laut Malaysia berpatroli di perairan Langkawi untuk menangani gelombang imigran gelap yang sebagian besar berasal dari Bangladesh, Kamis (14/5/2015). AFP / MANAN VATSYAYANA

Metrotvnews.com, Jakarta: Pesawat tempur dan kapal perang milik Malaysia berkali-kali melintasi perbatasan Indonesia-Malaysia di sekitar perairan Ambalat. Menyikapi permasalahan ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan mencoba menyelesaikan permasalahan secara baik-baik. 

"Ya, kita selesaikan secara bersahabat dulu," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).

Pemerintah, kata JK, akan menyampaikan pernyataan kepada Malaysia atas dugaan melanggar itu. Jika perlu, pemerintah akan melayangkan protes kepada pemerintahan Diraja Malaysia.

Pelanggaran batas wilayah RI oleh Malaysia bukan kali pertama terjadi. JK menyebut, tindakan itu telah terjadi berulang kali. Bahkan, pemerintah Indonesia dan Malaysia telah menyelesaikan permasalahan tapal batas ini beberapa waktu lalu.

"Itu sejak dulu terjadi, pernah kita selesaikan. Oleh karena itu, hasilnya adalah adanya perundingan perbatasan," jelas pria asal Makassar itu.

Informasi dari Pangkalan Lanud Kota Tarakan, setidaknya sembilan armada perang Malaysia masuk wilayah Indonesia di perairan Ambalat Kabupaten Nunukan belum lama ini. Semua armada itu dihalau otoritas RI dengan peringatan.


(WIL)