Surplus USD154,7 Juta, Malaysia Impor Ikan dari Indonesia

Suci Sedya Utami    •    Senin, 15 Jun 2015 16:22 WIB
impor
Surplus USD154,7 Juta, Malaysia Impor Ikan dari Indonesia
Kepala BPS Suryamin (MI/Atet Dwi Pramadia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan pada Mei  2015 mengalami surplus sebesar USD0,95 miliar. Jika dilihat neraca perdagangan menurut negara, terhadap Malaysia, Indonesia mengalami surplus sebesar USD154,7 juta.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, salah satu komoditas yang surplus terhadap Malaysia yakni komoditas perikanan. Dirinya membeberkan bahwa Negeri Jiran tersebut mengimpor ikan dari Indonesia.

"Malaysia itu mengimpor ikan dari Indonesia," kata Suryamin, dalam konferensi pers bulanannya mengenai perkembangan ekspor-impor, di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).

Suryamin menjelaskan, tampaknya kebijakan seperti pemberantasan ilegal fishing yang dilakukan Indonesia telah berhasil menurunkan dan membasmi para pemancing dan pelaut ilegal yang beroperasi di Indonesia.

Dirinya pun menduga dengan pemberantasan ilegal fishing para pemancing dan penangkap ikan dari sekitar ASEAN sekarang tidak bisa lagi beroperasi dan memproduksi. Namun, kebutuhan ikan hampir setiap hari harus dipenuhi. Otomatis, mau tidak mau negara tetangga yang sebelumnya sering mencuri ikan, harus mengimpor.

"Ini baru Malaysia, mungkin yang lain yang suka ambilin ikan di kita nanti lama-lama juga perlu, kita harus siapkan stok itu," pungkasnya.


(ABD)