Review STB

Xtreamer DVB-T2

Mohammad Mamduh    •    Senin, 15 Jun 2015 18:43 WIB
review gadget
Xtreamer DVB-T2
Xtreamer DVB-T2

Metrotvnews.com, Jakarta: Televisi merupakan perangkat sekaligus platform yang terus berkembang dari segi hardware. Kita pun mengetahui bahwa saat ini terdapat dua teknologi sinyal yang digunakan untuk menonton televisi, analog dan digital.

Teknologi digital menghasilkan gambar yang lebih jernih, tetapi ia hanya tersedia di televisi baru yang harganya belum tentu bisa dijangkau orang banyak. Ada satu perangkat yang siap mengubah televisi analog Anda menjadi digital, Xtreamer DVB-T2.

Xtreamer DVB-T2 merupakan STB (Set Top Box) yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog televisi menjadi sinyal digital. DVB-T2 mirip dengan Android Box yang biasa digunakan untuk menjalankan sistem OS Android di ruang keluarga.  Bedanya, DVB-T2 hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal, sehingga tampilan berbagai saluran televisi lebih jernih.



Cara pengoperasiannya cukup mudah. Pengguna hanya perlu menghubungkan DVB-T2 dengan sumber listrik dan kabel antena TV biasa. Untuk tampilan gambar, DVB-T2 menyediakan dua pilihan konektor, yaitu video in dan HDMI. Begitu dinyalakan, DVB-T2 akan menampilkan pilihan pengaturan awal.

Setelah selesai, DVB-T2 akan memindai saluran televisi secara otomatis. Waktu persiapan yang dilakukan bisa mencapai 10 menit, tergantung kualitas sinyal yang ditangkap. Anda bisa segera menonton televisi di ruang keluarga.

Harus diakui, untuk kota besar seperti Jakarta, DVB-T2 harus dilengkapi dengan antena berkualitas, atau dengan kata lain belum tentu bisa menangkap sinyal digital dengan antena dalam rumah. Sinyal akan semakin sulit ditangkap jika rumah Anda berada di antara gedung pencakar langit.

Hal tersebut kami buktikan dengan mencoba beberapa macam antena, mulai dari antena dalam yang murah meriah dan yang mahal berkualitas, sampai parabola yang memiliki ukuran sangat besar. Memiliki antena bagus pun belum tentu menjadi jaminan mendapatkan semua saluran televisi karena domisili juga mempengaruhi.



Perlu diingat bahwa DVB-T2 hanya bisa menangkap semua saluran televisi dalam negeri, baik saluran lokal maupun nasional. Ingin menggunakannya atau tidak, itu tergantung kepada konsumennya. Satu hal yang pasti, STB termurah yang dibanderol sekitar Rp200 ribu ini menyediakan sinyal digital kualitas yang gambarnya lebih bagus ketimbang sinyal analog.
 


(ABE)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

2 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA