Dituduh Jiplak Lagu, Beyonce Dituntut Rp93 Miliar

Agustinus Shindu Alpito    •    Senin, 15 Jun 2015 18:11 WIB
beyonce
Dituduh Jiplak Lagu, Beyonce Dituntut Rp93 Miliar
Beyonce (Foto:AFP/Mike Coppola)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Isu plagiarisme di dunia musik seperti tidak ada habisnya. Yang terbaru, Beyonce dituntut USD7 juta (Rp93 miliar) atas tuduhan menjiplak lagu orang lain.

Istri Jay-Z, itu dituduh mencuri lagu dari penyanyi latar bernama Ahmad Lane atau dikenal dengan nama panggung Javon. Lagu yang dimaksud adalah lagu berjudul XO dari album self-titled Beyonce.

Javon menuding Beyonce meniru lagu miliknya, XOXO.

Seperti dikutip NME, Senin (15/6/2015), kasus ini sudah masuk ke pengadilan. Sebuah dokumen persidangan menyebutkan bahwa Lane merasa Beyonce mendapatkan lagu miliknya dari penyanyi latar Chrissy Collins, tanpa sepengetahuan Javon.

Beyonce melalui pengacara membantah tuduhan tersebut.

"Dua karya itu sangat berbeda dari segi lirik dan musik. Selain unsur kata 'X' dan 'O,' tidak ada kesamaan dalam pitch, ritme atau pola ritme, susunan melodi, maupun struktur lagu," kata pengacara Beyonce.

Tak hanya itu, Javon dipersalahkan karena belum pernah mendaftarkan hak cipta atas karya lagunya. Hal itu membuat tuduhan Javon sangat lemah di mata hukum.

Ini bukan kali pertama lagu Beyonce dipermasalahkan. Sebelumnya, seorang penyanyi tradisional Hungaria, Monika Miczura Juhasz, juga melayangkan gugatan karena Beyonce diduga memasukkan rekaman audio Monika tengah menyanyikan lagu tradisional Roma ke dalam lagu Drunk in Love.


(ROS)