Razia Rokok, Wagub Terima Tantangan DPRD

Wanda Indana    •    Senin, 15 Jun 2015 18:25 WIB
rokok
Razia Rokok, Wagub Terima Tantangan DPRD

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Gubernur Proivinsi DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menerima tantangan anggota DPRD DKI untuk merazia seluruh ruang anggota eksekutif termasuk ruangannya terkait larangan merokok.
 
"Oh boleh. Kita tidak diskriminatif kok. Kami punya Satpol PP. Saya selalu merokok di luar, tidak pernah di kantor. Jadi ya silahkan. Satpol itu selain Satuan Polisi Pamong Praja, bisa juga Satuan Polisi Pemantau Perokok," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).
 
Sebelumnya, Anggota DPRD DKI Bestari Barus meminta razia juga dilakukan di ruangan Djarot. Ia mengklaim tidak tidak pernah merokok di dalam kantor.
 
Wakil Kepala Satpol PP DKI Zulfan Royter mengaku tidak akan pandang bulu menertibkan perokok di komplek Balai Kota, termasuk pimpinan dan anggota DPRD DKI yang sebagian besar merokok saat rapat Dewan. Namun, Zulfan tidak mau mengungkapkan kapan razia digelar.
 
Sidak ini merupakan bentuk pelaksanaan Peraturan Daerah Tentang Pencemaran Udara pada tahun 2015. Perda ini diperkuat dengan Peraturan Gubernur (Pergub) 75 tahun 2005 dan Pergub 88 Tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok.
 
Kawasan dilarang merokok berdasarkan peraturan tersebut adalah fasilitas kesehatan, tempat ibadah, instansi pendidikan, tempat kerja, tempat umum, dan angkutan umum.
 


(FZN)