Review Access Point

IP-COM W30AP, Access Point Penyebar Jaringan Internet di Rumah Anda

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 15 Jun 2015 20:05 WIB
review gadget
 IP-COM W30AP, Access Point Penyebar Jaringan Internet di Rumah Anda
IP-COM W30AP (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perkembangan dunia telekomunikasi tidak sebatas hanya pada gadget dan jaringan seluler, tetapi juga pada perangkat pintar lain yang juga dapat terkoneksi satu dengan yang lain. Masih ingatkah Anda dengan IoT atau Internet of Things yang kabar perkembangannya sering terdengar akhir-akhir ini? Teknologi IoT adalah salah satu bentuk nyata dari perkembangan telekomunikasi saat ini.

Perkembangan IoT memang tegolong cukup pesat. Dengan IoT, semakin banyak perangkat yang telah berevolusi menjadi sebuah perangkat pintar yang dapat saling terkoneksi satu sama lain. IoT kini memang banyak diterapkan untuk pengembangan teknologi pintar di berbagai tempat, salah satunya adalah rumah pintar (smart home).

Hingga saat ini pun telah banyak sekali perangkat rumah tangga, seperti oven, lemari es, dan televisi yang terhubung satu sama lain dengan memanfaatkan jaringan internet.

 
Jika perangkat pintar telah banyak beredar, tantangan selanjutnya tentu saja bagaimana caranya agar perangkat pintar tersebut dapat terkoneksi ke jaringan internet agar dapat berfungsi secara maksimal. IP-COM hadir dengan sebuah solusi berupa access point yang dapat ditanamkan di dinding rumah Anda layaknya stop kontak listrik. Access point bernama IP-COM W30AP tersebut juga hadir dengan berbagai fitur dan jenis konektor yang dapat menghubungkan berbagai perangkat pintar di rumah Anda.

IP-COM W30AP dilengkapi dengan empat jenis konektor untuk menghubungkan berbagai perangkat yang Anda miliki. Konektor tersebut terdiri-dari RJ11 yang digunakan untuk menyambungkan kabel telepon, konektor RJ45 yang digunakan untuk menyambungkan kabel LAN, konektor USB yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai perangkat mobile Anda, dan sebuah pemancar WiFi yang dapat mengubungkan berbagai perangkat pintar dan gadget yang Anda miliki.

IP-COM W30AP memiliki desain yang mirip dengan stop kontak listrik yang biasa dipasang di tembok, sehingga sangat cocok jika Anda ingin membangun sebuah jaringan terintegrasi di rumah maupun kantor. Selain dapat menghubungkan berbagai perangkat, keuntungan lain menggunakan IP-COM W30AP adalah mempermudah manajemen jaringan dalam rumah atau kantor.

 
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, IP-COM W30AP dilengkapi dengan sebuah pemancar WiFi dengan standar koneksi IEEE 802.11n/g/b. Pemancar WiFi tersebut juga menggunakan frekuensi 2,4GHz hingga 2,483GHz dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan hingga 300Mbps. Pemancar WiFi pada IP-COM W30AP telah dilengkapi dengan dukungan berbagai sistem keamanan nirkabel, mulai dari 64/128 WEP hingga WPA2, dan mampu menampung hingga 12 perangkat sekaligus. Pemancar WiFi tersebut juga mampu memancarkan sinyal hingga jarak 150 meter.

Selain pemancar WiFi, IP-COM W30AP juga dilengkapi dengan konektor RJ45 sehingga access point ini juga berguna sebagai penghubung jaringan di rumah atau kantor Anda dengan PC, konsol, serta perangkat lain yang dilengkapi dengan fitur koneksi ke jaringan LAN. Selain itu, terdapat pula konektor RJ11 sehingga Anda juga tidak perlu lagi mengatur jalur sambungan telepon di rumah atau kantor Anda.

Sayangnya, konektor USB pada IP-COM W30AP hanya berfungsi sebagai fasilitas untuk mengisi baterai perangkat mobile dan tidak bisa digunakan untuk transfer data. IP-COM W30AP dibanderol dengan harga yang cukup wajar, yaitu USD55. Perangkat access point ini juga telah tersedia di Indonesia.
 



(ABE)