Selama Ramadan, Pedagang Makanan di Bandung masih Bisa Berjualan

Roni Kurniawan    •    Senin, 15 Jun 2015 19:42 WIB
ramadan 2015
Selama Ramadan, Pedagang Makanan di Bandung masih Bisa Berjualan
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Metrotvnews.com/ Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Pedagang makanan di Bandung, Jawa Barat, masih bisa berjualan di siang hari selama Ramadan. Syaratnya, tetap menghormati umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa.

"Saya kira, kalau pendapat saya bagaimanapun penghormatan terhadap Ramadan ini harus terlihat dengan baik. Jadi pedagang itu kalau pendapat saya harus tetap ada, hanya jangan terlalu mencolok," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui wartawan di Balai Kota Bandung, Senin (15/6/2015).

Kang Emil, demikian ia biasa disapa, tak akan membuat peraturan khusus untuk para pedagang selama Ramadan. Sebab sebagian besar pedagang adalah Muslim yang tengah berpuasa dan mencari nafkah. Sementara orang yang tak berpuasa tetap membutuhkan makanan.

"Yang penting toleransi diperlihatkan dengan cara-cara yang sopan. Jadi bagi saya himbauan MUI nanti kita terjemahkan dalam himbauan dari Pemkot Bandung tapi bukan dalam bentuk peraturan. Karena kalau peraturan wali kota harus ada rujukan undang-undang," pungkasnya.


(RRN)