Jokowi Belum Bahas Dana Aspirasi DPR

Desi Angriani    •    Senin, 15 Jun 2015 19:44 WIB
dpr
Jokowi Belum Bahas Dana Aspirasi DPR
Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. (Foto:Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo belum membahas soal dana aspirasi DPR. Masalah itu akan dibahas setelah dilegalkan DPR.
 
"Belum ada. Tepatnya belum dibahas. Jadi kami akan berkomentar kalau sudah ada usulan resmi dari DPR," kata Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto usai sidang kabinet di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (15/6/2016).
 
Selama belum disahkan DPR, lanjut Andi, pemerintah enggan mengomentari dana yang akan diberikan Rp20 miliar per orang itu.
 
"Karena itu (dana aspirasi) masih wacana di DPR. Artinya harus dilegalkan dulu payung hukumnya di DPR baru diserahkan ke pemerintah,"pungkas dia.
 
Alokasi dana aspirasi dalam APBN adalah mandat UU Nomor 17 Tahun 2014 Pasal 80 huruf J yang menyatakan bahwa hak dan kewajiban anggota Dewan adalah mengusulkan dan memperjuangkan program pembangunan daerah pemilihan.
 
Anggaran akan dimasukkan dalam APBN dan disalurkan melalui APBD. Nilai dananya disesuaikan kebutuhan pembangunan di daerah pemilihan anggota DPR terpilih.


(FZN)