Ini 'Oleh-oleh' DPR dari India

Anggitondi Martaon    •    Senin, 15 Jun 2015 20:33 WIB
pertanianalutsistadpr ads
Ini 'Oleh-oleh' DPR dari India
foto: Antara/dok.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pekan lalu rombongan kecil DPR berkunjung ke India. Selain untuk mendekatkan hubungan parlemen dua negara, DPR mempelajari beberapa hal sebagai perbandingan yang dinilai relevan dengan Indonesia.

Apa sajakah itu?

"Kita membahas pertahanan dan pertanian," jawab Waka DPR Fadli Zon yang memimpin kunjungan pada 10-13 Juni 2015 itu.

Di dalam keterangannya kepada pers di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/6/2015), dipaparkan bahwa rombongan mampir ke Brahmos Aerospace yang memproduksi peluru kendali. Perusahaan patungan dengan Rusia itu mengagumi perkembangan pesat alutsista Indonesia beberapa tahun terakhir dan tertarik untuk bekerjasama dengan industri strategis nasional. 

Sementara di bidang pertanian, DPR mendapati bahwa India punya sistem ketahanan pangan yang baik. Terbukti negara dengan jumlah penduduk terbesar ke dua itu berhasil melakukan swasembada beras dan gandum, bahkan mengekspornya.

Itu semua berkat Kementerian Pertanian India yang sangat tertib dalam melindungi petani. Mulai dari suplai pupuk yang terjangkau dan merata, membeli hasil panen dengan harga pantas hingga tahap intervensi pasar untuk menjaga harga.

"Bahkan petani diberi subsidi listrik, air, pupuk, pinjaman bunga rendah dan jaminan gagal panen," papar politikus Gerindra ini. 
 


(LHE)