Konklaf Mulai Digelar Selasa (12/3)

- 09 Maret 2013 09:20 wib
REUTERS/Max Rossi/bo
REUTERS/Max Rossi/bo

Metrotvnews.com, Vatican City: Para Kardinal telah mencapai kata sepakat untuk menggelar konklaf pada Selasa (12/3). Konklaf digelar untuk memilih Paus baru setelah Paus Benediktus XVI mengundurkan diri pada 28 Februari lalu.

Tanggal pelaksanaan konklaf itu diputuskan pada Jumat (8/3) dalam sebuah voting yang dilakukan para kardinal yang telah menggelar pertemuan selama sepekan membahas masalah yang dihadapi Gereja Katolik serta menentukan kualitas yang harus dimiliki calon pengganti Paus Benediktus XVI.

Namun, dalam pertemuan selama sepekan itu, tidak ada satu namapun yang muncul sebagai unggulan untuk menjadi Paus.

Juru bicara Vatikan Federico Lombari menyebut pertemuan prakonklaf itu memberikan para kardinal untuk menyepakati profilm karakteristik, serta kualitas yang harus dimiliki Paus yang baru.

Kardinal Sean O'Malley, Uskup Agung Boston, menyebut tanpa pertemuan itu konklaf bisa berlangsung lama.

Hal itu penting agar duapertiga kardinal bisa menyepakati Paus baru sehingga konklaf bisa diselesaikan. Selama beberapa abad terakhir, proses pemilihan Paus itu hanya membutuhkan waktu beberapa hari.

Paus Benediktus XVI terpilih di putaran keempat pemilihan pada 2005, sehari setelah konklaf dimulai. Hal itu merupakan salah satu pemilihan Paus tercepat dalam sejarah. Pendahulunya, Paus Yohanes Paulus II terpilih setelah delapan putaran di hari ketiga konklaf pada 1978.

Dalam 100 tahun terakhir, tidak ada konklaf yang berlangsung lebih dari lima hari. (Reuters)

()

Bakal calon presiden dari PDIP, Joko Widodo. -- Surya Perkasa

Teka-Teki Deklarasi Cawapres Jokowi

24 April 2014 21:51 wib

JOKOWI suguhkan teka-teki tentang cawapresnya.