Sindikat yang Ditangkap Polisi Bisa Buat Ijazah Palsu Unnes

Ilham wibowo    •    Selasa, 16 Jun 2015 06:50 WIB
ijazah palsu
Sindikat yang Ditangkap Polisi Bisa Buat Ijazah Palsu Unnes
Barang bukti ijazah palsu yang disita dari pelaku. (MTVN/Ilham WIbowo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Barang bukti berupa ijasah dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) ditemukan dalam penggerebekan sindikat pemalsu dokumen negara oleh Polsek Taman Sari. Disinyalir, mereka sudah sering membuat ijazah palsu tersebut.

"Ijasah palsu dari beberapa universitas ditemukan. Ada dua ijazah S1 beserta transkip nilai dari Universitas Negeri Semarang dan Universitas Mercu Buana yang telah dipalsukan," tutur Kapolsek Metro Taman Sari AKBP Afrisal di Mapolsek Taman Sari (15/6/2015)

Afrisal mengatakan ijazah buatan sindikat pemalsu dokumen ini sangat mirip dengan aslinya. "Seperti hologram pun yang mirip asli bisa dipalsukan," tuturnya.

Polisi, kata dia, akan menyelidiki lebih dalam keterlibatan orang dalam dalam pemalsuan dokumen negara ini. Kasus ini, jelas dia, akan dikembangkan.

"Kita akan dalami terlebih dahulu. Sepintas mirip, secara fisik sulit membedakan dengan yang asli. Akan kita kembangkan kasus seperti ijazah dari dua universitas ini," ucapnya.

Afrisal mengatakan semua barang bukti dokumen yang telah dipalsukan akan di uji laboratorium untuk mengetahui bahan-bahan yang digunakan. "Kita cek keasliannya, nanti kita cek ke laboratorium. Pemeriksaan secara fisik ini palsu sementara dari pengakuan tersangka," tuturnya.

 


(OGI)