Rupiah Dibuka Bergerak Datar

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 16 Jun 2015 09:00 WIB
kurs rupiah
Rupiah Dibuka Bergerak Datar
Ilustrasi -- FOTO: MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan mata uang Garuda, rupiah, masih bergerak datar. Rupiah diperdagangkan masih di kisaran Rp13.300 per USD pada pembukaan pagi ini.

Mengutip data Bloomberg, Selasa (16/6/2015), gerak rupiah dibuka di level Rp13.329 per USD atau melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin. Namun, kini rupiah perlahan kembali menguat ke Rp13.332 per USD.

Sementara itu, gerak rupiah berdasarkan data Yahoo Finance berada di posisi Rp13.350 per USD jika dibandingkan dengan penutupan sebelumnya yang berada di Rp13.335 per USD.

Berdasarkan analisa Samuel Sekuritas, rupiah berhasil menguat hingga Senin sore walaupun terlihat dolar menguat di Asia bersamaan dengan aksi jual di pasar saham.

Surplus neraca perdagangan Mei yang melebar menaikkan optimisme terhadap kondisi likuiditas dolar di dalam negeri akan tetapi surplus yang lebih disebabkan oleh anjloknya impor dibandingkan perbaikan ekspor membangkitkan sentimen negatif terhadap perlambatan ekonomi. Di samping itu, IHSG melemah lebih dalam dari bursa lain di Asia kemarin.

"Pasar keuangan dunia masih akan mengalami volatilitas tinggi menjelang pengumuman FOMC meeting lusa. Rupiah berpeluang tetap stabil hari ini," pungkasnya.


(AHL)