Proses Margriet Angkat Angeline Jadi Anak

Tri Kurniawan    •    Selasa, 16 Jun 2015 09:47 WIB
penemuan jenazah angeline
Proses Margriet Angkat Angeline Jadi Anak
Polisi mengevakuasi jenazah Angeline dari kediamannya di Jalan Sedap Malam, Denpasar, Bali, Rabu 10 Juni 2015. Antara Foto/Wira Suryantala

Metrotvnews.com, Jakarta: Margriet Christina Telly Megawe mengangkat Angeline sebagai anak sejak bayi. Kerabat Margriet inisial DN, 29, menceritakan saat itu orangtua kandung Angeline, Hamidah tidak punya uang untuk membayar biaya persalinan di rumah sakit.

"Ibu (Margriet) dapat kabar dari pembantunya 'Bu, ini ada yang melahirkan tapi tidak punya biaya'. Ibu kasian akhirnya dibantu," kata DN eksklusif kepada Metrotvnews.com, baru-baru ini.

DN melanjutkan, Margriet datang ke rumah sakit untuk membantu Hamidah dan bayi Angeline ke luar dari rumah sakit. Hamidah mengaku sebelumnya sudah punya anak satu. Angeline anak kedua.

"Ini (Angeline) anak saya yang kedua. Saya tidak punya biaya, Ibu mau angkat anak enggak," tutur DN menirukan percakapan Hamidah dengan Margriet pada 2007.

Menurut DN, Margriet awalnya hanya ingin membantu biaya persalinan. Namun, Hamidah malah meminta Angeline diangkat sebagai anak. Saat itu, kondisi ekonomi keluarga Margriet masih mapan.

"Saat itu, Ibu mungkin berpikir akan bisa menghidupi. Gaji suaminya kan lumayan," papar DN.

Suaminya warga negara Amerika Serikat Douglas Scarborough bekerja di sebuah perusahaan minyak di Indonesia. Setahun setelah mengangkat Angeline sebagai anak, takdir berkata lain. Tulang punggung keluarga itu meninggal dunia karena sakit jantung.

Ekonomi keluarga mulai kacau. Margriet sampai tidak bisa membiayai kuliah putrinya Christina Scarborough di Amerika Serikat. DN melihat, saat itu keluarga Margriet tidak putus asa. Christina masuk ke US Navy karena dengan itu dia bisa mendapat beasiswa.

Harta paling berharga yang dimiliki Margriet hanya dua bidang tanah di Jalan Sedap Malam, Sanur dan Canggu, Bali. "Dia enggak mau jual tanah itu karena masih ada anak-anaknya yang belum sekolah. Angeline belum sekolah, belum kuliah. Ibu mikirnya itu," katanya.


(TRK)