Tentukan 1 Ramadan, Hari Ini Kemenag Sidang Isbat

Tri Kurniawan    •    Selasa, 16 Jun 2015 10:15 WIB
ramadan 2015
Tentukan 1 Ramadan, Hari Ini Kemenag Sidang Isbat
Lukman Hakim Saifuddin memberikan keterangan pers terkait hasil sidang Isbat, Jumat 27 Juni 2014. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Agama, para tokoh, dan ulama akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadan, sore nanti. Apakah puasa dimulai Rabu atau Kamis? Akan ditentukan sidang tersebut.

"Pemerintah tentu hanya akan menetapkan apa yang mejadi kesepakatan para tokoh, para ulama, para pakar astronomi, terkait kapan 1 Ramadan jatuh. Apakah Rabu atau Kamis, itu berpulang pada sidang isbat," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, usai membuka seminar kerukunan umat beragama di Ambon, Senin 15 Juni.

Kementerian Agama mengerahkan para ahli di semua provinsi untuk melihat hilal atau bulan baru sebagai tanda masuknya Bulan Ramadan. Menteri Agama mengimbau kepada seluruh masyarakat baik yang puasa maupun tidak untuk saling menjaga toleransi.

Sebulan lalu, Menteri Agama membahas penetuan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri bersama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. (Tim Metro TV)


(TRK)