Jadi Calon Dirjen, Ronny Sompie Siap Benahi Keimigrasian

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 16 Jun 2015 10:34 WIB
keimigrasian
Jadi Calon Dirjen, Ronny Sompie Siap Benahi Keimigrasian
Irjen Pol Ronny F Sompie--Foto: ANTARA/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Lemahnya penegakan hukum di ranah keimigrasian menjadi alasan Irjen Pol Ronny F Sompie terjun di dunia pemerintahan eksekutif. Dikatakan Ronny, terdapat ribuan kasus di Ditjen Keimigrasian yang perlu ditangani serius.

"Tahun 2014 sekitar terdapat sekitar 17-20 ribu pelanggaran di imigrasi, tapi hanya sekitar 17 kasus yang selesai. Di dalamnya ada masalah administrasi dan deportasi. Tapi apakah ini cukup memberi efek cegah? Saya lihat kurang, kenapa kurang? Mungkin tenaga profesional di bidang penyidikan itu yang kurang," kata Ronny kepada Metrotvnews.com di Komplek Metro TV, Jakarta Barat, Selasa (16/6/2015).

Penegakan hukum, dipandang Ronny sebagai peluang baik untuk melakukan perbaikan ke depan. Ronny juga mengaku punya strategi untuk benahi kekurangan dalam penegakan tersebut.

"Kita bisa latih mereka (tenaga penyidik imigrasi). Mungkin saya dari Polri bisa menjembatani untuk minta bantuan dari Kabareskrim Polri melalui izin bapak Kapolri. Teknisnya mungkin bagaimana setiap Polda ikut membantu melatih para tenaga penyidik Pegawai Negeri Sipil (PNS) Imigrasi di kabupaten kota," jelasnya.

Ronny diketahui sudah menjalani serangkaian tes kelayakan untuk menjadi calon Dirjen Keimigrasian di Kementerian Hukum dan HAM. Dia mengaku tinggal menunggu keputusan hasil tes baik dari Menkumham maupun dari Presiden.


(MBM)