Recall Komponen Otomotif

Honda Siapkan Rp470 Milliar untuk Mengganti Airbag Takata

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 17 Jun 2015 15:11 WIB
honda mobil
Honda Siapkan Rp470 Milliar untuk Mengganti Airbag Takata
Honda menyiapkan dana Rp470 milliar untuk recall airbag Takata. Automotive

Metrotvnews.com: Honda mengumumkan penyusunan ulang anggaran keuangannya dari prediksi awal tahun. Revisi ini dilakukan karena recall besar-besaran yang dilakukan manufaktur Jepang tersebut terkait masalah airbag Takata.

Dirilis Leftlanenews, Honda menyiapkan dana hingga lebih dari Rp470 milliar untuk mengganti airbag Takata pada mobil-mobil buatannya. Honda bersama Toyota menjadi korban terbesar akibat airbag Takata, dengan jumlah kendaraan mencapai 34 juta di pasar Amerika.

Inflator (bagian pengembang) airbag diyakini sangat sensitif terhadap kelembaban, yang menyebabkan bahan kimia propelan menurun sehingga menghasilkan daya ledakyang terlalu besar. Benda metal keluar dari inflator ketika airbag meledak dan telah melukai banyak orang dan enam orang meninggal.

Akibatnya airbag Takata yan terpasang pada sejumlah manufaktur kendaraan harus ditarik agar tidak memakan korban lagi. Pabrikan yang mempercayakan Takata sebagai vendor airbag kendaraannya pun harus melakukan recall besar-besar dan tentunya memakan biaya yang besar.

Honda menjadi salah satu manufaktur yang terkenda dampak recall ini khususnya pada kondisi keuangan perusahaan mereka. Jumlah ini kemungkinan akan bertambah besar jika mobil yang diduga terkena efek airbag Takata terus bertambah.


(UDA)