Jelang Puasa, Mentan Pastikan Pasokan & Harga Bahan Pokok Aman

Husen Miftahudin    •    Selasa, 16 Jun 2015 15:31 WIB
kementan ads
Jelang Puasa, Mentan Pastikan Pasokan & Harga Bahan Pokok Aman
Menteri Pertanian Arman Sulaiman (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menyatakan, pasokan dan harga kebutuhan pokok menjelang puasa hingga Lebaran mencukupi. Bahkan, panen beras dari sentra-sentra produksi pada Januari-April mampu mencukupi kebutuhan beras nasional hingga tujuh bulan mendatang.

"Beras cukup. Panen Januari hingga April untuk beras ada 20 juta ton, itu bisa enam sampai tujuh bulan. Stok di Bulog juga cukup untuk operasi pasar," ujar Amran, dalam konferensi pers, di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Jalan Harsono RM No 3, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (16/6/2015).

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga melakukan pengecekan terhadap pasokan dan harga bawang merah di pasaran. Hasil operasi pasar pun menunjukkan tren positif karena harga bawang merah dalam kondisi yang stabil.

"Bawang kita cek. Hasil operasi pasar juga bagus. Harga awal kami masuk di Kramat Jati itu Rp36 ribu, dan hari ini sudah Rp20 ribu per kilogram (kg)," papar Amran.

Sementara untuk pasokan daging, lanjut Amran, hingga kini masih aman dan terkendali. Bersama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag), pihaknya telah mempersiapkan stok daging hingga tiga bulan sebelum masuk masa puasa dan Lebaran.

"Yang jelas, stok pangan aman dan cukup. Kalau harga naik satu hingga dua persen biarlah. Biarlah petani se-Indonesia menikmati THR-nya yang satu sampai dua persen itu. Asal jangan (menaikkan harga) terlalu tinggi," pungkas Amran.


(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA